oleh

Menpan RB : Siapapun Bupatinya ASN Harus Netral

BOJONEGORO. Netpitu.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo S.H tekanan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral, tersebut dikarenakan peran ASN menurut Undang-Undang adalah sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

“Dengan tegas saya tekankan, ASN harus  netral”, ujar Menpan RB. di dampingi Asisten III prov H.Abimanyu mewakili Gubernur Jatim, di Mall Pelayanan Publik (MPP) Bojonegoro, Selasa, (06/4/2021).

Dikatakan Tjahjo Kumolo, siapapun Bupatinya, ASN harus netral.jangan ikut2an berpolitik, sebab tugas ASN melayani masyarakat dalam urusan apapun. Contohnya urusan ijin IMB dan pembuatan Akte Kelahiran.

Konstruksi netralitas yang dibangun dalam peraturan perundang-undangan adalah ASN sebagai unsur perekat dan pemersatu bangsa. Aturan atau dasar hukum netralitas sudah jelas.

“Dengan adanya MPP Bojonegoro,ASN harus melayani masyarakat dengan ramah, khususnya yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini sesuai cita cita dari Reformasi Birokrasi,dan mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi daerah”, tegas Menpan RB.

Menpan RB menambahkan, ini menjadi upaya Pemerintah memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada masyarakat, serta memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan yang cepat, mudah,murah, transparan,pasti, dan terjangkau.

(yon)