oleh

Maling Spesialis Kotak Amal Berhasil Diringkus Polisi

TUBAN. Netpitu.com – Petugas Unit Resmob Satreskrim Polres Tuban berhasil menangkap spesialis pelaku pencurian kotak amal di Mushola dan Masjid wilayah Kabupaten Tuban dan Lamongan.

Ahmad Bashori, (33), pelaku pencurian kotak amal ini diketahui warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Pelaku berhasil ditangkap tanpa perlawanan pada 16 Juni 2020 di sebuah warung kopi yang berada di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

“Pelaku ditangkap pada saat di sebuah warung kopi di wilayah Kecamatan Palang,” terang Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono saat Konferensi Pers, Senin (06/07/2020).

Kapolres menjelaskan, dari pengakuan pelaku sekitar tiga bulan ini telah melakukan aksi pencurian kotak amal yang berada di Kabupaten Tuban dan Lamongan sebanyak lima kali dengan sasaran mushola dan masjid.

Dari kelima aksinya tersebut, pelaku sempat tertangkap kamera CCTV yang terpasang di mushola dan masjid. Sehingga, memudahkan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran.

“Saat melakukan aksinya yang bersangkutan sempat terekam kamera CCTV menggunakan sarung agar tidak dicurigai, dan rata-rata pelaku melakukan aksinya dini hari,” tandas Ruruh.

Mantan Kapolres Madiun ini menambahkan, dari kelima tempat ibadah tersebut yang menjadi sasaran pelaku. Pelaku pernah mendapati kotak amal yang berisi uang antara Rp150 ribu sampai Rp 3,5 juta.

“Uang dari hasil pencurian digunakan untuk membeli handphone dan untuk kebutuhan sehari-hari,” tandas Kapolres Tuban ini.

Adapun mushola dan masjid sasaran pelaku diantaranya, Musala Al Furqon, Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, di salah satu Masjid wilayah Paciran, Kabupaten Lamongan, kemudian Masjid di Kecamatan Semanding, Tuban dan kotak amal di rumah makan Walisongo, Tuban.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 Ayat 1 KE 4E dan 5E KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun.

(met)