oleh

Kodim Tuban Fasilitasi Kerjasama Produksi Tanaman FGS di Perhutani KPH Parengan

-BERITA-19 views

TUBAN. Netpitu.com – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan melakukan kerjasama Budidaya Tanaman FGS. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Auala Kantor Kodim 0811 Tuban Kamis (05/8/2021).

Tanaman FGS mempunyai keunggulan cepat tumbuh baik tinggi maupun diameter dengan daur tujuh tahunan. Tanaman FGS memiliki nilai ekonomis, yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Auala Kantor Kodim 0811 Tuban Kamis (05/8).

MoU ditandatangani oleh Enam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan PT Aviland Riva Ranch alamat Jl Brantas desa Kademangan Kecamatan Kademangan Kab Probolinggo Jawa Timur, dan disaksikan oleh Adm. Perhutani, Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, SE,MI, Pol, Direktur CV Aviland Riva Ranch, Audi Firmana , SE, AK.

Baca Juga :  Cemburu Laki-laki Ini Habisi Nyawa Mantan Isteri Lalu Coba Bunuh Diri

Adapun 6 LMDH yang melakukan kerja sama budidaya tanaman FGS CV Aviland Riva Ranch tersebut adalah LMDH Wono Asih, Desa Montong Sekar KEC Montong, Tuban, LMDH Sido Makmur, Desa Sidonganti, Kec. Kerek, Tuban, LMDH Wana Lestari, Desa Mulyoagung Kec Singgahan, Tuban, LMDH Wono Makmur, Desa Wonocolo Kec Kedewan, Bojonegoro, LMDH Karya Wana Sejahtera, Desa Tinawun Kec Malo, Bojonegoro, LMDH Kedung Wono Jati, Desa Kedung Rejo, Kec Malo, Bojonegoro.

Sedangkan Petak yang di kerjasamakan seluas 101 Ha, dengan delapan anak Petak. Adapun jenis tanaman sengon dan Balsa berada di RPH Tinawun, RPH Biyangbali BKPH Malo, RPH Mulyoagung BKPH Mulyoagung, RPH Ngindahan BKPH Montong dan Gua Terus.

Administratur KPH Parengan Setyo Salindra Putri menyampaikan terima kasih kepada Dandim 0811 Tuban yang telah menginisasi uji coba produksi kayu dengan jenis tanaman rimba kayu iindustri.

“Saya berharap besar bisa sukses, dengan kerjasama ini Perhutani akan mendukung sepenuhnya supaya berhasil dalam mengupayakan tanaman FGS ini,” ucap Adm. KPH Parengan, Setyo Salindra Putri.

Sementara Komadan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon, SE,MI, Pol menyampaikan, Kodim mempunyai tanggung jawab reboisasi. Permasalahanya kalau musim hujan, terjadi banjir kalau musim kemarau terjadi kebakaran, dan saya mencari solisi untuk menanam tanaman Balsa dan Sengon, pohon ini tidak mudah terbakar sehingga dapat menaggulangi kebakaran hutan dan bisa membawa dampak yang baik pada masyarakat.

Untuk itulah Kodim 0811 Tuban memfasilitasi PT Aviland Riva Ranch dengan Perhutani dan LMDH untuk melakukan kerjasama reboisasi tanaman Sengon dan Balsa di wilayah kerja Perhutani KPH Patengan.

“Semoga dengan ditandatanganinya MoU kerja sama Budidaya tananaman FSG (Sengon dan Balsa) dengan tetap memperhatikan aspek ekologi, ekonomi,social yang seimbang dan lestari bisa berjalan lancar,’’ imbuhnya.

(*/Ags)