Bupati Dorong Petani Lakukan Budi daya Benih Padi Sendiri

- Tim

Kamis, 7 Maret 2019 - 20:34

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Bojonegoto, Hj. Anna Muawanah, turut lakukan panen padi di Desa Glafahan, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro. Kamis (7/3/2019).

Bupati Bojonegoto, Hj. Anna Muawanah, turut lakukan panen padi di Desa Glafahan, Kecamatan Sugihwaras, Bojonegoro. Kamis (7/3/2019).

BOJONEGORO. Netpitu.com – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meminta kepada petani di Desa Glagahan Kecamatan Sugihwaras untuk meningkatkan kualitas petani dengan membuka penangkaran benih padi secara mandiri.

Hal tersebut diungkapkan Anna Mu’awanah saat menghadiri Syukuran dan Panen raya bersama masyarakat Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro pada Kamis (07/03/2019)di balai desa setempat.

Pada kesempatan tersebut, Anna Mu’awanah secara khusus mengapresiasi pemerintah desa Glagahan beserta masyarakat yang telah melestarikan tradisi “wiwitan” ( syukuran sebelum panen padi dlakukan masyaeakat Jawa). 

Pemerintah daerah Kabupaten Bojonegoro juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Desa Glagahan yang telah kreatif mengolah dan memasarkan hasil pertanian dengan tidak dijual kepada tengkulak untuk dikonsomsi secara langsung.

Akan tetapi hasil panen padi di desa Glagahan ini di proses penangkaran benih padi.Oleh sebab itu Anna Mu’awanah mendorong budi daya penangkaran benih padi ini agar menjadi bahasan pada musrembangkab yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Maret yang akan datang.

Baca Juga :  Kepsek SMAN 3 Bojonegoro Bantah Sekolahnya Jual LKS

Kalau masyarakat sudah mampu untuk membuat benih sendiri,maka Produktifitas petani akan semakin meningkat dan tentunya kesejahteraan masyarakat petani juga akan meningkat. Sehingga diharapkan angka kemiskinan di Kabupaten Bojonegoro dapat turun secara signifikan.Tutur Anna Mu’awanah.

Sementara itu, Kepala Desa Glagahan Imam Muslih Sebelumnya menyampaikan bahwa pemerintah Desa Glagahan telah melakukan kerjasama dengan Penangkaran Benih Padi Kabupaten Nganjuk untuk suplai padi yang akan digunakan bibit.Sehingga harga padi di glagahan tidak sama dengan padi didaerah lain yang dijual untuk keperluan konsumsi.

Baca Juga :  Ruas Jalan Sukosewu - Kapas Rusak Parah

Imam Muslih Juga berharap agar nantinya pemerintah Desa Glagahan mampu menangkar benih padi sendiri dan mumpunyai ijin serta merek sendiri. Tentunya dengan dukungan dan pembinaan dari pemerintah daerah kabupaten Bojonegoro.

Turut hadir dalam acara tersebut,Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Achmad Djupari ,Forkopimcam Sugihwaras, dan PPL sugihwaras,dan beberapa sahabat Kades Glagahan diantaranya ,Kades Ngujung Eko ,Kades Wotan Ngare Ali Mukti,Kades Pancur Lulus Pujiono beserta Kades Buntalan.

(dan)

Berita Terkait

David FS : Entas Kemiskinan, Garpu Jatim Akan Launching 1.000 Warung UMKM
Sandiaga Uno Bicarakan Industri Kreatif di Bojonegoro
Wujudkan Kesejahteraan Rakyat Golkar Lounching Kios Baqoel Karya Berkah
Peringati Hari Koperasi Dekopinda Bojonegoro Salurkan Sembako dan Daging Kurban
Peran BumDes Dalam Peningkatan Perekonomian Rakyat
PT.Rekind Belum Selesaikan Pembayaran Pada Vendor Penyedia Makanan dan Minuman
Zakat Fitrah Tahun Ini Ditentukan Sebesar 3 Kg Beras
Dorry Sonata Tawarkan Solusi Pengusaha Manufaktur Di Tengah Pandemi Covid 1