oleh

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 Pemkab Tuban Siapkan Puskesmas

TUBAN. Netpitu.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban kembali melakukan peninjauan ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Tuban, Selasa (04/07/2020).

Kali ini, fasilitas kesehatan yang dikunjungi adalah Klinik Surya Medika di jalan Babat-Tuban tepatnya di desa Gesing, Semanding.

Kepala Dinkes Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menjelaskan kunjungan dimaksudkan untuk memastikan ketersediaan sarana dan prasarana medis guna mengantisipasi peningkatan Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Jaring Bibit Atlet, Dinas Pendidikan Bojonegoro Gelar KOSN Tingkat SD Dan SMP

Langkah ini diambil sebagai kesiapsiagaan Pemkab Tuban untuk menyediakan ruang perawatan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

Lebih lanjut, Klinik Surya Medika disiapkan sebagai fasilitas kesehatan penunjang dari RSUD Koesma sebagai pusat rujukan dan rumah sakit penyangga yaitu RSUD Ali Manshur; RS NU Tuban; maupun RS Medika Mulia.

“Jika rumah sakit yang ditunjuk sudah penuh, maka pasien akan ditempatkan disini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Soal Bingkisan Lebaran, Camat Kedungadem Diperiksa Polisi

Bambang Priyo menjelaskan PDP terkategori ringan atau tanpa sesak nafas akan dirawat di rumah sakit penyangga maupun fasilitas kesehatan lain.

Sedangkan, PDP terkategori berat atau dengan sesak nafas (pneumonia), akan langsung dirujuk ke RSUD Koesma Tuban.

Sementara itu, Pemilik Klinik Surya Medika, Suryo, menerangkan pihaknya telah menyiapkan 10 ruang yang bisa menampung 20 pasien.

Kerja sama ini sebagai wujud kepedulian dan partisipasi Klinik Surya Medika untuk mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Tekan Penyebaran Covid BPBD Semprot Kantor dan Tempat Publik

“Kami juga senantiasa berkoordinasi dengan Dinkes Tuban terkait langkah-langkah yang diperlukan,” terangnya.

Penanggungjawab Kesehatan Klinik Surya Medika, dr. Bambang Harianto, MM., menambahkan sebanyak 8 tenaga medis disiagakan 24 jam untuk membantu Pemkab Tuban dan Dinkes Tuban.

“Jika memang diperlukan tenaga tambahan, kami akan segera melapor ke Dinkes Tuban,” ujarnya.

(met)