Eksotisme Pantai Sowan Tuban Bikin Betah Wisatawan

- Tim

Jumat, 7 Juni 2019 - 11:00

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kawasan wisata pantai Sowan Tuban, perpaduan antara keindahan pesona pasir putih pantai dan rimbunnya hutan yang dipenuhi pepohonan besar. Photo Slamet.

Kawasan wisata pantai Sowan Tuban, perpaduan antara keindahan pesona pasir putih pantai dan rimbunnya hutan yang dipenuhi pepohonan besar. Photo Slamet.

TUBAN. Netpitu.com – Pantai Sowan Tuban merupakan salah satu lokasi wisata dengan obyek utama berupa pantai pasir putih yang alami dengan pemandangan landscape laut.

Kawasan wisata pantai yang dikelola oleh Perum Perhutani ini, memiliki luas pantai wanawisata sekitar 17 hektar dengan ciri khas hamparan pasir yang putih dan bersih.

Tentu bukan hanya pasir putih itu saja yang bisa dinikmati di pantai Sowan. Di sana juga terdapat pemandangan alam sekitar yang berupa hamparan rumput dan hutan trembesi, serta dinding karang yang menjorok ke laut.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pemandangan itu mengesankan alam yang masih “perawan” yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Pengelola wisata ini juga masih mempertahankan alaminya pepohonan pantai. Di daerah sekitar pantai terdapat hamparan hutan dari pohon jennis rimba yaitu Akasia, Klampis, dan Mahoni.

“Pepohonan itu menjadikan hawa sejuk di tengah semilirnya angin pantai. Sehingga, wisatawan yang berkunjung bisa dengan santai menikmati keindahan pantai dari bawah rindangnya pepohonan pantai. Inilah eksotisme pantai Sowan yang tidak dimiliki pantai lain, ” papar Panca Sihite, Adm Perhutani KPH Jatirogo kala ditemui netpitu.com, Jum’at, (07/06/2019).

Baca Juga :  30 Group Drumband se- Jatim Ikuti Festival Drumband Bupati Tuban Cup ll

Hamparan pepohonan alam dan hembusan angin di Pantai Sowan ini juga memberikan sentuhan relaksasi yang maha dahsyat. Karena meski cuaca panas dan sinar terik matahari mengumbar di bumi, pantai Sowan tetap memberikan kesejukan dan kenyamanan yang luat biasa.

Maka, tak heran jika banyak muda-mudi yang memilih pantai ini sebagai tempat bersantai-ria, terutama di hari liburan lebaran sekarang ini.

“Untuk menambah daya tarik pengunjung, kami telah bangun sebuah wahana mainan berupa sepeda dan karpet terbang,” ungkapnya.

Selama liburan lebaran h+1 hingga sekarang menurut catatan dari manager wisata atau pengelola wisata ini menyebutkan jumlah pengunjung hingga mencapai 2.567 orang. “Kemungkinan jumlah tersebut bisa naik lagi, mengingat moment liburan anak sekolah masih agak lama,” kata Eko Sembodo ke media ini.

Menurutnya pengaruh jumlah pengunjung bertambah dipengaruhi oleh adanya wahana baru itu. Disamping itu pula masih kata Eko, harga tiketnya masih relatif murah.

“Murah koq mas, dengan bayar Cuma Rp. 15 ribu kita bisa menikmati hamparan pohon-pohon itu dan indahnya pantai,” ujar Dita, (27), pengunjung yang berasal dari Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro ketika diwawancarai media ini usai turun dari Karpet Terbang.

Baca Juga :  Setiap Tahun PT Semen Indonesia Selenggarakan Manasik Haji

Wahana mainan baru berupa Sepeda Terbang (flying cycle) dan Karpet Terbang (flying carpet) yang dibangun Perhutani ini dibangun dengan ketinggian sekitar 8 meter dan memiliki panjang sekitar 20 meter.

Perlu diketahui lokasi Pantai Sowan terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, lebih tepat berada di tepi jalur Pantai Utara. Secara administratif, Wanawisata Pantai Sowan ini berada di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. Dulunya, lokasi ini merupakan Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Bancar.

Perjalanan menuju Sowan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Kalau dari Kabupaten/Kota Tuban dan juga Kabupaten Rembang, jaraknya kira-kira 40 km. Jadi persis ditengah-tengah ke dua kota tersebut.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, untuk mencapai lokasi Wanawisata Pantai Sowan sejauh 40 km dari Tuban itu memang cukup jauh, tetapi jarak itu bisa ditempuh dengan mudah. Sebab, kendaraan umum yang menuju lokasi wanawisata itu cukup mudah didapat.

Baca Juga :  Buka MTQ se- Jatim di Tuban, Khofifah Inginkan Jatim Jadi Juara Umum MTQ Nasional di 2020

Ya, hal itu karena lokasi Wanawisata Pantai Sowan berada tak jauh dari jalur Pantura, tepatnya di Jalan Raya Semarang – Surabaya, dan banyak angkutan umum yang melewatinya. Baik bus jurusan Surabaya-Semarang maupun kendaraan kecil lainnya. Ongkos kendaraan pun cukup terjangkau.

Dari Tuban ongkosnya kurang lebih Rp 7.000,- dan bisa berhenti persis di depan jalan masuk di lokasi. Aksesibilitasnya sangat mudah karena jarak dari pinggir jalur pantura, tempat turunnya penumpang dari kendaraan umum, menuju pintu gerbang lokasi kira-kira hanya 100 meter saja.

Selain pesona pantai yang alami dan menawan, wanawisata ini juga punya potensi sumber daya alam berupa vegetasi yang beraneka ragam. Diantara vegetasi tersebut adalah Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, Kesambi, Trembesi, Mimbo, Ketapang, Randu, Jaranan, Srikaya, Mangga, Kawis, Asem, Waru, Lamtoro, Penitian Pakis, Sonokeling, Jambu.

(met)

Berita Terkait

Copras – Capres 2024
Tampil Unik Peserta Lomba Nyanyi Lagu Kenangan Ini Dapat Hadiah Dadakan
Pers Pencasila dan Jurnalisme Patriotik
PKL Berbasis Proyek Solusi Alternatif Di Masa Pandemi Untuk SMK
Opini : Kebijakan Satu Pintu di Kantor Disdik Bojonegoro. Apa Maksudnya ?
Penonton Lomba Oklik Berjubel, Salah Siapa ?
Pilkada Tuban “Pertarungan 2 Raja”
Merebut Kembali Minyak Jonegoro

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00