oleh

Gubernur Resmi Buka Porprov VI Jawa Timur 2019

LAMONGAN. Netpitu.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur (Jatim) tahun 2019, resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Stadion Surajaya Lamongan. Sabtu (06/07/2019).

Acara pembukaan diawali dengan parade (devile) dari para atlet, kontingen 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur. Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan secara simbolis dengan penyalaan obor Api Porprov yang dilakukan oleh atlet-atlet legendaris jawa Timur, yaitu Minarti Timur yang merupakan atlet Bulutangkis, Lilis Handayani atlet Panahan, dan Henny Maspaitella mantan atlet Atletik.

Pembukaan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Ketua Umum Koni Jawa Timur, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Forkopimda se-Jawa Timur, Bupati Lamongan, Bupati Gresik, Bupati Bojonegoro, Bupati Tuban, Kepala Dispora se Jawa Timur, Ketua KONI se Jawa Timur, serta perwakilan atlet Porprov VI Jatim 2019.

Ketua Umum Koni Jawa Timur, Erlangga Satriagung dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tema Porprov VI Jatim 2019 ini Jatim Menembus Dunia dan dengan Slogan Atlet Milenial Jatim Menuju Prestasi Puncak.

“Porprov Jatim VI berlangsung selama 8 hari mulai tanggal 6 hingga 13 Juli 2019 dan dilaksanakan di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Lamongan, sebagai tuan rumah 10 cabang olahraga, Kabupaten Gresik, sebagai tuan rumah 9 cabang olahraga, Kabupaten Bojonegoro, sebagai tuan rumah 12 cabang olaharaga dan Kabupaten Tuban sebagi tuan rumah 12 cabang olahraga”, terang Ketua Umum KONI Jawa Timur.

Masih menurut Ketua Umum KONI Jawa Timur untuk jumlah peserta yang mengikuti Porprov VI Jatim 2019 ini ada 10.302 antara lain 7.818 Atlet dan 2.484 Official

“Porprov VI Jatim 2019 ini, merupakan pelaksanaan porprov terbesar se Indonesia”, jelas Ketua Umum Koni Jawa Timur, Erlangga Satriagung.

Erlangga Satriagung mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Lamongan, Gresik, Bojonegoro dan Tuban, yang telah bekerja dengan serius guna suksesnya Porprov Jatim 2019. Erlangga juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sangat sangat antusias dalam menyambut Porprov Jatim.

“Terima kasih kepada Ibu Gubernur atas support-nya yang luar biasa. Terima kasih pada Bupati di empat kota, serta seluruh panitia yang bekerja dengan sangat serius,” kata Erlangga.

 

Terpisah, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengucapkan terima kasih kepada atlet dan official. Khofifah juga berharap para atlet semoga menjadi pahlawan olahraga dari Jawa Timur untuk dunia.

Khofifah menuturkan bahwa ke depan Porprov akan di gelar setiap 2 tahun sekali sebagai upaya untuk membangun persatuan dan persaudaraan serta olahraga dan menjunjung tinggi sportivitas.

Tim sepak takraw Porprov VI Jatim, Kab. Mojokerto tengah bertanding melawan tim takraw dari Lumajang, di hall olah rafa SMAN 3 Bojonegoro, Minggu, (7/7/2019).

“Saya berharap bukan hanya tercetak rekor-rekor baru tetapi para atlet juga mampu menjadi pahlawan olahraga yang mengharumkan nama bangsa di masa mendatang. Jadilah pejuang olahraga, pahlawan olahraga yang membawa harum nama bangsa”, tutur Khofifah Indar Parawangsa.

Lebih lanjut Khofifah berharap dengan Porprov tersebut, selain sebagai ajang membangun persatuan dan sportifitas juga dapat menciptakan energi positif di sektor lainnya salah satunya di sektor UKM dan pariwisata.

“Dengan Porprov ini bisa menguatkan dan membangun persatuan, persaudaraan serta membangun sportifitas, objektifitas. Porprov akan berlangsung setiap dua tahun sekali, diharapkan mendorong sektor UKM dan pariwisata, sehingga memberi energi positif bagi Jawa Timur agar semakin baik lagi,” pungkas Gubernur Jawa Timur.

(pr)