oleh

Manfaatkan Sepinya Masa Pandemi, Pencuri Ini Gasak Kayu Jati di Hutan

TUBAN. Netpitu.com – Ditengah pandemi Covid-19 yang membuat Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo masuk zona merah membuat suasana kampung ini legang sepi.

Meski suasana sepi seperti itu tidak menyurutkan dua petugas jaga kawasan hutan seorang KRPH dan salah satu personil Pohutmob Perhutani KPH Jatirogo melakukan patroli keliling di perbatasan hutan dan desa Perhutani KPH Jatirogo.

“Tiba-tiba kami mengetahui sebuah kendaraan pick up sedang melintas mencurigakan sedang memuat tumpukan pakan ternak dari tanaman jagung yang keluar dari hutan setempat,” ujar salah satu petugas itu ke netpitu.com

KRPH Sadang melanjutkan,
certianya, “Melihat hal tersebut kami berdua melakukan pengejaran dan menghentikan kendaraan tersebut,” kata Budi KRPH Sadang, kala dikonfirmasi netpitu.com, Senin, (06/07/2020) di Posko Dalkarhut di Jalan Raya Jatirogo.

Menurut penuturan Komandan Regu Polhutmob KPH Jatirogo, Teguh, kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (05/07/2020) sekitar jam 17.10. WIB. TKPnya jalan raya  Desa Sadang,Kecamatan Jatirogo.

“Personil yang terlibat Budi, KRPH Sadang bersama Eko personil Polmob KPH Jatirogo,” ujar Teguh.

Kapolsek Jatirogo, AKP Elis Seudayati saat dikonfirmasi media ini membenarkan bahwa kronologisnya, sekitar ️jam 17.10.

“Pak Mantri Sadang, Budi dari BKPH Sekaran saat melaksanakan patroli sesampai di jalan antara Desa Kedungmakam, Desa Sadang mengetahui kendaraan yang mencurigakan lalu diadakan pengejaran dan dilakukan upaya menghentikan kendaraan tesebut.

Namun disayangkan pada saat hendak diperiksa kedapatan Si Sopir kendaraan ini sudah hilang melarikan diri.

Dari laporan petugas perhutani ke Polsek Jatirogo, Polisi menenukan bukti bahwa tampak kendaraan itu bermuatan kayu jati tanpa di legkapi surat dan dokumen yang sah.

“Barang Bukti yang telah diamankan dan dilaporkan adalah kendaraan mobil pick up merk Mitsubishi L-300 yang didalamnya ada 2 batang kayu jati dengan ukuran 210@39, vol 0.26 m3 & 210@35 vol 0.21 m3 dan secepatnya diamankan di Mapolsek Jatirogo guna penyidikan lebih lanjut,” ujar AKP Elis.

“Setelah dilakukan pelacakan di hutan petak 13f RPH Sadang BKPH Sekaran, ditemukan 1 tunggak bekas sebuah pohon jati yang tampak baru dicuri dan belum diketahui siapa pelakunya,” ungkap Adm Perhutani Jatirogo, Panca PM Sihite ketika dikonfirmasi netpitu.com di kantornya

Melihat tunggak pohon jati tersebut memiliki keliling118 dengan ditaksir nilai kerugiannya mencapai Rp 3.557.000

Adm Perhutani Jatirogo ini menghimbau agar petugas tidak lena dengan situasi pandemi covid-19 dan harap selalu memakai masker saat bertugas.

(met)