oleh

Pasien Sembuh dan Konfirmasi Covid di Tuban Saling Berkejaran

TUBAN. Netpitu.com – Kasus Kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban saat ini terbilang cukup tinggi, namun angka pasien terkonfirmasi baru tidak kalah mengkhawatirkan.

Seperti terlihat dalam dua hari ini, di mana penambahan angka kesembuhan dan pasien terkonfirmasi baru memiliki jumlah yang sama.

Jika sehari sebelumnya terdapat 2 Pasien Sembuh dari Kecamatan Plumpang dan Widang serta 2 Pasien Konfirmasi baru dari Kecamatan Soko dan Parengan. Hari ini, Kamis (06/08/2020) terdapat 16 pasien sembuh yang diiringi pula dengan kenaikan pasien terkonfirmasi baru dengan jumlah yang sama.

“Sampai hari ini jumlah Pasien baru dan sembuh masih berkejaran, angka kesembuhan masih diiringi dengan kasus baru, hasil tracing Gugus Tugas masih menemukan kontak erat dan juga orang tanpa gejala yang mendominasi penambahan kasus ini disamping kasus suspek yang ditemukan di RS,” terang Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST. M.Kes saat dikonfirmasi media ini.

Dari Peta sebaran yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas, secara kumulatif jumlah Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban sejumlah 228 orang dengan jumlah Pasien Sembuh berjumlah 169 orang, sehingga tingkat kesembuhan pasien mencapai 74 Persen.

“Seharusnya angka kesembuhan ini bisa lebih tinggi jika tidak ada lagi penambahan kasus baru, sehingga kepada seluruh masyarakat diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin terutama saat menjalankan Adaptasi Kebiasaan Baru saat ini.” tutur Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini ke netpitu.com.

Adapun pasien sembuh jika dirinci adalah Perempuan (42) dan Laki-laki (32), (43) asal Kecamatan Tuban; Perempuan (27), (35), (50) asal Palang; Perempuan (63) dan Laki-laki (64) asal Semanding; Perempuan (18), (35) dan Laki-laki (28) asal Jenu serta masing-masing satu orang yaitu Laki-laki (24) asal Jatirogo, Perempuan (56) asal Bancar, Perempuan (42) asal Plumpang, Perempuan (25) asal Tambakboyo dan Laki-laki (28) asal Parengan.

Sedangkan untuk Pasien terkonfirmasi baru adalah Perempuan (35), (40), (50), (66) dan Laki-laki (42) asal Tuban; Perempuan (37), (53) dan Laki-laki (41) asal Plumpang; Perempuan (32), (34), (54) asal Singgahan; Perempuan (59) asal Kerek; Laki-laki (34) asal Soko; Perempuan (32) asal Widang; Perempuan (21) asal Parengan dan Perempuan (37) asal Semanding.

“Jumlah Pasien dari Kecamatan Singgahan yang terus bertambah memang mengejutkan, dimana kecamatan ini sebelumnya dapat mempertahankan beberapa bulan tanpa kasus Covid-19. Berbeda dengan Kecamatan Palang dan Tambakboyo yang sebelumnya ditemukan Kluster Covid-19, saat ini sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi positif dari dua kecamatan ini.” ujar Endah Nurul.

Adapun untuk Suspek yang masih dalam pemantauan adalah berjumlah 18 orang yaitu dari Tuban 2 Orang, Palang 1 Orang, Semanding 2 Orang, Merakurak 3 orang, Rengel 1 Orang, Plumpang 1 Orang, Singgahan 2 Orang, Jatirogo 2 Orang, Kenduruan 1 Orang dan Grabagan 1 Orang.

(met)