Bupati Anna : Anak-anak Harus Diajarkan Budaya dan Adat Jawa Dari Sejak Dini

BERITA530 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Meredupnya kebudayaan dan adat Jawa di tengah masyarakat Jawa menjadi perhatian Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Muawanah. Hingga menimbulkan keprihatinan yang dalam bagi Bupati perempian pertama di Bojonegoro ini.

Anna menyebut sekarang banyak anak muda yang mengidolakan artis luar negeti dari pada mengidolakan artis yang berasal dari negeri sendiri.

Baca Juga :  Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro

Karenanya peran orang tua sangat besar dalam pelestarian budaya dan adat istiadat agar apa tang telah menjadi kekhasan “orang Jawa” tetap melekat pada diri pribadi “orang Jawa”.

“Seharusnya, anak-anak dibelajarkan dan dikenalkan kebudayaan adat jawa sejak dini, sehingga kebudayaan adat jawa kita ini masih tetap utuh. Lihatlah sekarang,¬† banyak anak muda yang mengidolakan artis luar negeri dibandingkan mengidolakan kebudayaan kita sendiri,” ujar Bupati Anna Muawanah, saat membuka pagelaran Wayang kulit Suronan di pendopo Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sabtu (6/10).

Baca Juga :  Guru SMA Ini Benarkan Adanya Pedagang ATK Yang Ngaku Suruhan Kacabdin Pendidikan

Ditandaskan oleh Bupati Bojonegoto ini, sangat perlu kebudayaan adat jawa ini diperkenalkan kepada anak diusia dini dan tetap dilestarikan.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk memperingati Syuro ke 2930 Tahun Jawa semalam cukup menarik minat pengunjung. Menurut agenda, Minggu (7/10) akan dilakukan ruwaran massal.

Pagelaran wayang kulit tadi malam ditampilkan 3 dalang sekaligus. Yakni dalang
Ki Wardan Guna Carito Wibisono dari Bojonegoro , Ki Muri Mudo Darsono dari Padangan , Ki Darjo Ragil Sajito, Spd dari Sukosewu.

Baca Juga :  Jum'at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

(dan)