oleh

Abrasi Bantaran Sungai Bengawan Solo Ancam Keberadaan Rumah Warga

-BERITA-99 views

BOJONEGORO. Netpitu. com – Hujan deras yang akhir-akhir ini mengguyur Bojonegoro berdampak pada longsornya tanah yang berada di bantaran sungai Bengawan solo. Bahkan beberapa rumah warga mulai terancam keberadaannya akibat gerusan aliran air sungai terpanjang di Jawa ini.

Seperti yang terjadi di RT/RW 06/01 Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, tanah bantaran Bengawan Solo di dekat pemukiman penduduk ini longsor sepanjang 10 meter.

Baca Juga :  Sampai September 2022 Realisasi Pendapatan Negara di Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan Capai 82,28 Persen

Darwoto, ketua Rt 06 Desa Semanding menjelaskan, lokasi ini sudah beberapa kali diperbaiki dengan bronjong namun hasilnya tidak optimal dan malah menambah banyaknya gerusan air yang menambah panjang titik longsor.

Menurut Darwoto, saat hujan deras gerusan air terus bertambah sehingga longsor semakin besar, dan jika jarak abrasi dari rumah warganya hanya sekitar 3 meter dari bantaran Bengawan. Hal inilah yang semakin menambah khawatir warga setempat.

Baca Juga :  Pameran Lukisan Tunggal Sang Ketua SH Teratai " Wahyu Subakdiono "

Darwoto berharap Pemerintah Daerah segera melakukan perbaikan pada lokasi longsor tersebut agar tak semakin panjang dan membahayakan warga setempat.

Dirinya juga mengaku pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro akan segera melakukan perbaikan lagi dengan Bronjong baru, namun sayangnya masyarakat tak yakin akan menyelesaikan masalah seperti yang sudah dilakukan sebelumnya.

“Banyaknya permasalahan yang terjadi di wilayah Bojonegoro segera butuh penanganan dan biaya, tapi mengapa malah banyak menyumbangkan APBD kita ke daerah lain,” keluh warga yang polos itu.

Baca Juga :  Kejar Keterlambatan, Pekerjaan Proyek Rigid Stren - Bandungrejo Dikebut

Pihaknya berharap Kabupaten Bojonegoro lebih cerdas berpikir untuk hal-hal yang lebih penting bagi masyarakat di wilayahnya agar penanganan bencana khususnya lebih memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

(Put)