oleh

Antusiasme Orang Tua dan Siswa Saat BINDA Jatim di Bojonegoro dan Dinkes Gelar Vaksinasi Di Sekolah

-BERITA-181 views

BOJONEGORO. Netpitu.com – Untuk mempercepat capaian target 100 persen vaksinasi Covid 19 pada anak usia 6 – 11 tahun dan mendorong percepatan terciptanya Herd Imunity, Perwakilan BINDA Jatim di Bojonegoro, terus gencarkan pemberian vaksin pada anak usia sekolah dasar.

Kali ini, Sabtu, (08/01/2022), giliran 200 anak siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah ( MIM ) 18 Sumberrejo, Kec. Sumberrejo, Kab. Bojonegoro, menerima vaksinasi dari Perwakilan BINDA Jatim di Bojonegoro yang bekerja sama dengan Dinkes Bojonegoro.

Dikatakan Perwakilan BINDA Jatim di Bojonegoro, Teguh Prasetya, BINDA Jatim bersama Dinkes Kabupaten Bojonegoro telah berkomitmen untuk mensukseskan program pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi bagi pelajar maupun anak usia 6-11 tahun.

Selain untuk mencapai Herd Imunity Nasional, menurut Teguh Prasetya,
tujuan utama vaksin saat ini adalah menyiapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Bojonegoro Ungkap Judi Online

Dalam percepatan vaksinansi anak usia 6-11 tahun ini, pihak BIN dan Dinkes tetap berharap orang tua bisa bekerjasama dengan tenaga kesehatan vaksin secara terbuka. Dengan menyampaikan informasi kesehatan kondisi kesehatan anaknya yang wajib disampaikan kepada vaksinator maupun tenaga kesehatan.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Jika sedang sakit, jangan sampai anak dipaksakan untuk divaksin,” tutur Teguh Prasetya, kepada netpitu.com.

Mendapat vaksinasi Covid 19 di sekolahnya, kepala MIM 18 Sumberejo, Rusman, S.Pd. mengucapkan terima kasih kepada Badan Intelijen Negara dan petugas kesehatan Puskesmas Sumberrejo yang hari ini telah melakukan vaksinansi Covid 19 bagi anak usia 6 – 11 tahun di MIM 18 Sumberrejo.

Baca Juga :  Kelompok Tani Desa Semanding Pertanyakan Raibnya Dana PUAP

Vaksinansi di sekolah ini sebenarnya sudah sejak lama dinanti-nanti oleh orang tua siswa MIM 18 Sumberejo, agar siswa yang sudah melakukan pendidikan tatap muka secara terbatas di sekolah aman dari ancaman penularan virus Covid 19.

“Orang tua dan siswa menyambut vaksinasi ini dengan antusias. Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi kepada siswa dan orang tua tentang pentingnya vaksinasi untuk membentuk imunitas tubuh, juga meluruskan berita-berita hoax yang beredar sehingga tidak ada keraguan dari orang tua untuk melakukan vaksinasi terhadap anak-anak,” papar Rusman, S.Pd.

Lebih lanjut dikatakan oleh Perwakilan BINDA Jatim di Bojonegoro, Teguh Prasetya, data capaian vaksinasi pada anak usia 6 11 tahun di Bojonegoro, berdasarkan Dasboard SI Satu Data Covid 19 KPCPEN per 7 Januari 2022 telah mencapai 47,85 persen atau 50.529 anak dari target sasaran 105.599 anak yang akan diberikan vaksin.

Baca Juga :  Grebeg Tumpeng Rombyong Warnai Peringatan HUT RI di Ngrowo

Sementara itu, untuk capaian target vaksinasi Covid 19 untuk usia 12 tahun ke atas di Bojonegoro, secara keseluruhan telah mencapai 85 persen yang telah menerima vaksinasi pertama.

Meski tingkat capaian vaksinasi cukup tinggi namun pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap menerapkan 3M, menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker apabila di luar rumah dan berada diantara kerumunan.

(ro)