oleh

Bupati Huda Serahkan Penghargaan K3 Pada 29 Perusahaan di Tuban

TUBAN. Netpitu.com – Bupati Tuban, H. Fathul Huda serahkan piagam penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Gubenur Jawa Timur kepada 29 perusahaan BUMN/BUMD dan swasta di Kabupaten Tuban, Jumat (07/02/2020).

Bertempat di ruang RH. Ronggolawe penyerahan penghargaan turut dihadiri Wakil Bupati Tuban; Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tuban; pimpinan OPD dan 29 pimpinan perusahaan.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas upaya yang dilakukan perusahaan dalam mewujudkan budaya K3 dalam operasional perusahaan. Di samping itu, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus membudayakan perilaku K3.

“Penghargaan ini patut dibanggakan dan terus ditingkatkan. Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan K3,” ungkapnya.

Bupati Tuban menekankan penerapan K3 akan membawa dampak positif bagi perusahaan, tenaga kerja, dan Pemkab Tuban. Penerapan K3 sebagai wujud empati perusahaan kepada pekerjanya. Tidak hanya itu, budaya kerja yang sesuai regulasi mampu mengharumkan nama Bumi Wali.

“Hal tersebut membuktikan bahwa kabupaten Tuban memiliki banyak industri dan perusahaan yang mengedepankan K3 dalam menjalankan operasionalnya,” tuturnya.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini mengingatkan agar Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan harus dijalankan sebaik-baiknya dan terus dievaluasi. Tujuannya, untuk meminimalisir terjadinya angka kecelakaan kerja.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Tadjuddin Tebyo, SH., menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun hubungan industrial yang harmonis. Juga memberikan dorongan bagi perusahaan untuk senantiasa menggiatkan budaya K3.

Tadjudin Tebyo menerangkan 29 penerima penghargaan K3 terdiri dari 22 perusahaan memperoleh penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award); sejumlah 3 perusahaan memperoleh penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3); sejumlah 3 perusahaan menerima penghargaan Kecelakaan Nihil dan SMK3; dan satu perusahaan memperoleh penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS).

Untuk diketahui pada tahun 2020, Bupati Tuban memperoleh penghargaan Pembina K3 terbaik ke-5 dari Pemprov Jawa Timur yang diserahkan Gubernur Jawa Timur pada Upacara Peringatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional di Provinsi Jawa Timur bulan Januari lalu.

(met)