oleh

Enam Terduga Teroris Yang Tewas di Tuban Terkait JAD

Netizensatu.com – Sehari kemarin (8/4) merupakan Sabtu mencekam bagi warga Tuban, setelah Jumat (7/4) sebelumnya Densus 88 menangkap 2 orang terduga teroris di Kecamatan Paciran, Lamongan.

Serombongan orang mengendari mobil APV warna putih Nopol H 9037 BZ berusaha menembak Polisi Lantas Tuban yang tengah melakukan Razia,di pos lantas dekat PLTU, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur, pada Sabtu (8/4/2017) pukul 09.00 WIB. Namun tembakan meleset dan mereka melarikan diri.

Saat dalam pengejaran pengejaran polisi, pelaku penembakan menghentikan mobilnya di tepi jalan Desa Beji, Kecamaan Jenu. Kemudian mereka melarikan diri masuk kebun jagung milik warga.

Baca Juga : Terduga Teroris Yang Ditangkap di Lamongan Dari Kelompok JAD

Tim gabungan termasuk Densus 88 Antiteror Polri dibantu TNI, terus memburu melakukan pencarian. Setelah ditemukan lokasi persembunyiannya, baku tembak antara polisi dan sekelompok orang tersebut pun terjadi.

Akhirnya pengejaran terhadap terduga teroris di Dusun Siwalan, Kecamatan Jenu, Tuban berakhir tragis. 6 orang terduga teroris tewas diterjang peluru dan 1 orang ditangkap, setelah berusaha melarikan diri.

Kapolres Tuban, AKBP. Fadli Samad saat dikonfirmasi wartawan membenarkan peristiwa Sabtu mencekam yang mengantarkan kematian keenam pelaku terduga teroris tersebut.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin, yang datang langsung ke Mapolres Tuban, mengatakan keenam terduga teroris yang tewas tersebut terkait dengan Jamaah Anshorut Daulah ( JAD ).

Sementara ini polisi masih melakukan pendalaman terhadap satu orang yang masih hidup dan diamankan di Polres Tuban. Meski ada indikasi tapi tidak ada kaitannya dengan 6 orang yang tewas.

Kata Machfud, pihaknya mendapat telepon dari keluarga yang bersangkutan dan menyatakan satu orang yang ditangkap tersebut pernah menjalani perawatan di RS Jiwa Menur, Surabaya.

“ Keluarganya sudah telepon pernah dirawat di RS Jiwa Menur, 3 kali. Mungkin tidak terkait dengan kejadian ini tapi masih kita dalami,”kata Machfud.

Diduga keenam terduga teroris yang mati merupakan kelompok terduga teroris yang Jumat ( 7/4 ) ditangkap Densus 88 di Paciran, Lamongan.

(Red/*)