oleh

PDIP Deklarasikan Pasangan Cagub Cawagub Jatim 15 Oktober

BOJONEGORO. Netpitu.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mendeklarasikan dukungannya pada pasangan bakal calon gubernur Jawa timur pada 15 Oktober 2017.

Kabar tersebut sebagaimana tersebar dalam surat yang dikirim DPP PDIP yang ditanda tangani Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristanto dan Ketua PDIP Bambang DH, tanggal 6 Oktober 2017.
Surat bernomor 3338/IN/DPP/X/2017 itu dikirim kepada ketuaa DPD PDIP Jatim dan DPC PDIP se Jawa timur dengan perihal undangan.

Dalam isi surat tersebut mengundang ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua bidang pemenangan Pemilu DPD dan DPC PDIP se Jawa timur. Untuk mengahdiri rapat deklarasi dukungan pasangana calon gubernur dan wakil gubernur Jawa timur, pada Minggu, tanggal 15 Oktober 2017 di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan P. Diponegoro, 58, Menteng, Jakarta Pusat, pukul 10.00 Wib.

Menjelang deklarasi pasangan Cagub-Cawagub Jatim PDIP, di lapangan beredar kabar bahwa PDI Perjuangan akan mendukung pasangan Saifullah Yusuf dan Abdulah Azwar Anas sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jatim.

Kabar tersebut tak dipungkiri oleh Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari yang mengatakan kemungkinan besar nama yang calon gubernur yang dideklarasikan untuk didukung partainya tak akan jauh dari figur yang selama ini beredar, yakni Gus Ipul dan Abudullah Azwar Anas.

“Insya Allah arahnya demikian. Namun, kami tak bisa memastikan sebelum tanggal 15 Oktober, sesuai undangan acara deklarasi tersebut,” ujar Untari, Sabtu, ( 7/10).

Dikatakan Sri Untari pihaknya baru menerima dalam bentuk undangan menghadiri acara saja. Belum ada nama yang disebutkan oleh DPP.

Menurut Sri Untari, 90 persen PDIP akan mengusung Gus Ipul sebagai calon gubernur, hal tersebut berdasar hasil proses penjaringan yang telah dilalui, baik di tataran DPP maupun DPD.

“Sepuluh persen sisanya tinggal bergantung DPP. Yakni, berdasarkan keputusan Ketua Umum Kami, Ibu Megawati Soekarnoputri,” lanjutnya.

Lagi pula selama ini yang mendaftar sebagai calon gubernur Jatim di penjaringan PDIP hanya Gus Ipul. Selaanjutnya ada empat bakal calon wakil gubernur yang mendaftar di DPD PDIP Jatim, yakni Wakil Ketua DPRD Jatim, Kusnadi; Bupati Banyuwangi, Abdulah Azwar Anas; Bupati Ngawi, Budi “Kanang” Sulistyono; dan Anggota DPRD Jatim, Suhandoyo.

Sementara itu, mendekati keluarnya rekomendasi dukungan pasangan calon, DPC PDIP Bojonegoro di goyang isu akan dibukanya kembali proses penjaringan bakal calon bupati-wakl bupat Bojonegoro.
Isu tersebut berkembang pesat menyebar pasca ditetapkannya Budiono sebagai ketua DPC Gerindra Kabupaten Bojonegoro. Budiono sendiri sebelumnya juga pernah malang melintang sebagai pengurus di DPC PDIP Bojonegoro.

Namun isu dibukanya pendaftaran kembali oleh DPC PDIP Bojonegoro ini langsung dibantah oleh ketua DPC PDIP Bojonegoro, Budi Irawanto.

“ Proses penjaringan Bacabu-Bacawabup di PDIP sudah final tinggal menunggu putusan rekomendasi dari DPP PDIP. Jadi kabar PDIP akan membuka pendaftaran kembali, itu jelas tidak benar,” ujar Budi Irwanto, kepada Netpitu.com.

(R/Dan)