Jadi Pembicara Di IPS Forum, Bupati Bojonegoro Cerita Blusukan

- Team

Kamis, 8 November 2018 - 08:19

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA. Netpitu.com – Bupati Bojonegoro, DR. Hj. Anna Muawanah, selama dua hari ini menghadiri dan tampil sebagai pembicara pada The International Public Survise (IPS) Forum, yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu – Kamis ( 7 – 8/11).

Dibuka oleh Wakil Presiden Kusuf Kalla, kegiatan yang digelar Kementerian PANRB ini, mempromosikan keunggulan pelayan public di daerah Kabupaten/ Kota.

IPS Forum ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan inovasi-inovasi yang berkenaan dengan pelayanan publik yang ada di Indonesia agar diketahui dunia internasional.

Karenanya IPS Forum juga diikuti beberapa negara yang sudah trkenal dengan pelayanan publicnya. Seperti, Azerbaijan, Georgia, Korea, Fhilipina, Amerika Serikat, dan Jerman. Harapannya dapat saling tukar pengalaman dan pengetahuan terkait pelayanan publik.

Ada tiga sesi dalam IPS Forum 2018. Seperti exhibition (pameran), forum (konferensi), dan sesi marketplace.

Pada acara ini juga akan diberikan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik 2018 bagi pemerintah pusat dan daerah yang menciptakan inovasi pelayanan.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah, mengatakan roh dari pelayanan public adalah sistem pemiluhan langsung, karena sistem ini melibatkan partisipasi langsung masyarakat.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir Dinkes Siapkan Pos Kesehatan

Kabupaten Bojonegoro dengan geografis wilayah yang luas, terdiri dari hutan dan pegunungan, pengaduan masyarakat bisa dilakukan dengan menggunakan sistem online dan offline.

“Pengaduan bisa melalui whatsapp, media sosial, radio,” jelas Anna Muawanah.

Selain dialog, Anna juga melakukan blusukan ke lapangan. Kegiatan blusukan ini juga berbasis pengaduan.

Lantas pengaduan dimasukan ke dalam sistem Siap Lapor (Sistem Integrasi Aspirasi Publik – Layanan Pengaduan Online Rakyat).

“Dari pengaduan yang masuk ke siap lapor, kami mengajak SKPD terkait untuk mengevaluasinya dan menganalisanya sehingga menjadi isu strategis,” papar Bupati Anna.

Baca Juga :  Anggaran Belum Dicairkan, Bagaimana Nasib Bingkisan Lebaran Bupati ? (1)

Dimana isu strategis tersebut menjadi dasar dalam pengambilan keputusan untuk tindak lanjutnya.

Kedepan komunikasi dua arah antara pemetintah dan rakyat tersebut akan dikembangkan dan diperkuat hal tersebut akan kami perkuat dan kami kembangkan melalui dialog dengan masyarakat yang dulunya berpusat di pendopo, akan

“Kami akan lakukan dialog langsung dengan masyarakat di masing-masing Kecamatan sehingga secara langsung dapat mengetahui persoalan-persoalan yang ada di masyarakat,” ujar Anna Muawanah.

Dalam mengembangkan pelayanan public, menurut Bupati Bojonegoro itu, pihaknya akan membuka pelayanan melalui program “Mail” Pelayanan Publik.

(dan)

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal
Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat
Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu
Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Tag :