oleh

Gus Yaqut : Peran Dan Fungsi KUA Sangat Penting Di Masyarakat

-BERITA-55 views

Gus Yaqut, Peran Dan Fungsi KUA Sangat Penting Di Masyarakat Sekarang Ini

BOJONEGORO. Netpitu.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bojonegoro melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri 60 peserta yaitu Kepala KUA se Kabupaten Bojonegoro, Penghulu dan JFU KUA.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk membahas berbagai permasalahan, tantangan dan regulasi terbaru serta terbangunnya komunikasi dan sinkronisasi antara KUA dengan pihak pihak lain yang terkait, Senin (08/11/2021).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro, Munir menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut Program Revitalisasi KUA secara Nasional yang dilaunching oleh Menteri Agama Yaqut Kholil Qoumas yang tertuang dalam KMA No. 758 Tahun 202.

Baca Juga :  Wawan Fals dan Keresahan Jiwa Wabup Bojonegoro

“Kita di Kabupaten Bojonegoro khususnya harus menyiapkan diri baik dari segi pemenuhan sarana atau fisik dan juga software pelayanan KUA sebagai ujung tombak satuan/unit pelayanan umum yang ada di level kecamatan”, terang Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro.

Lebih lanjut dikatakan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bojonegoro, semua peserta FGD Kelembagaan KUA agar bisa menjadi miniatur Kantor Kemenag di tingkat Kecamatan. Berkolaborasi dengan semua pihak, merevitalisasi dan digitalisasi agar dapat memberikan pelayanan yang cepat dan benar kepada umat/masyarakat.

Baca Juga :  Penderita Epilepsi Ditemukan Tewas di Pinggir Bengawan Solo

Ditempat yang sama, Amanullah selaku Kasi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Jawa Timur mengungkapkan bahwa peran, fungsi dan tugas KUA di tiap Kecamatan itu sangat penting untuk menyampaikan segala informasi kepada masyarakat umum.

“Sehingga komunikasi dan sinkronisasi antar lembaga di tiap Kecamatan sangat penting. Tiap Penghulu harus dapat melayani masyarakat dengan baik”, tegas Kasi Kepenghuluan dan Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Jawa Timur kepada Netpitu.com.

Baca Juga :  Cegah dan Tanggulangi Bencana di Hutan Perhutani Kerjasama Dengan BPBD Tuban

Menurutnya, dari FGD kelembagaan KUA ini kedepannya masyarakat lebih paham fungsi dan tugas serta peran KUA hal tersebut dikarenakan KUA merupakan perwakilan Kantor Kemenag Kabupaten atau Kota.

“Kedepannya masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi tentang layanan layanan inovasi secara digital yang diberikan Kantor Kemenag melalui Kantor KUA”, pungkas Amanullah.

(pur)