oleh

Peduli Ancaman Corona Ronggolawe Pers Solidarity Sosialisasikan Gerakan Hidup Sehat

TUBAN. Netpitu.com – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) menggelar 3 kegiatan sekaligus yaitu Penanaman Pohon; Senam Bersama dan Sosialisasi Pencegahan Covid-19; dan Jalan Sehat, Minggu (08/03/2020).

Berlokasi di GOR Rangga Jaya Anoraga, kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Tuban; Ketua DPRD Tuban; Kapolres Tuban; Anggota DPR Fraksi PKB; pimpinan Organisasi Vertikal dan BUMD/BUMN.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyampaikan apresiasi atas kepedulian RPS terhadap lingkungan. Di tiap peringatan HPN, RPS selalu menggelar penghijauan di beberapa titik.

Wabup Tuban menyatakan pers menjadi mitra Pemkab Tuban. Karenanya, diperlukan jalinan komunikasi dan koordinasi dengan sebaik mungkin. Selain itu, pers memegang tanggung jawab publik sebagai penyambung aspirasi masyarakat.

“Pers harus memberikan berita atau informasi yang benar. Dan dilarang membuat atau bahkan menyebarkan berita hoax,” tegasnya.

Terkait dengan Covid-19, Wabup mengimbau awak media ikut mengedukasi masyarakat, agar tidak terjadi kesalahpahaman di masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban diminta untuk ikut memberi pemahaman yang benar.

“Sehingga masyarakat bisa paham dan tidak resah,” tuturnya. Wabup mengajak masyarakat menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., MH., menyatakan Kegiatan senam bersama dengan tema #TubanSehat bersamaan dengan kegiatan di tingkat provinsi yaitu #JatimSehat.Pihaknya juga siap memberi informasi yang diperlukan kepada masyarakat tentang Covid-19.

Mantan Kapolres Madiun ini meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi atau berita yang belum jelas kebenarannya. “Berita yang tidak benar akan menyebabkan keresahan di masyarakat,” ujarnya

Ketua RPS, Khoirul Huda, menyebutkan berbagai kegiatan telah diadakan RPS untuk memperingati HPN tahun ini. Pihaknya juga bekerjasama dengan RSUD Koesma Tuban untuk menyelenggarakan medical checkup untuk wartawan. Selain itu, mengadakan penghijauan dan santunan anak yatim.

“Dan puncaknya adalah jalan sehat dan senam bersama,” jelasnya. Khoirul Huda menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak atas terselenggaranya serangkaian peringatan HPN oleh RPS.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 ini, mampu menyedot animo masyarakat yang memadati GOR Rangga Jaya Anoraga. RPS juga menyediakan 2000 bibit pohon gratis untuk masyarakat.
(met)