oleh

Ratusan Ribu Warga NU Jatim Istighosah Kubro di Sidoarjo

Netizensatu.com – Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu pagi, (9/4/2017) mendadak beruah menjadi lautan manusia. Sekitar 270 ribu warga NU dari berbagai penjuru daerah Jawa timur tumplek blek dii stadion mengikuti Istighotsah Kubro yang digelar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

Istighosah yang dihadiri pengurus PC NU Kabupaten se Provinsi Jawa timur itu dihelat untuk memperingtai Harlah NU ke 94 yang jatuh pafa 16 Rajab.Dengan berpakaian putih-putih para nahdliyin itu datang sejak pagi dini hari, bahkan sebagian menginap sehari sebelumnya.

Jamaah Istighotsah Kubro tak hanya memenuhi Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tapi juga meluber hingga ke luar stadion.

Tak kurang dari 900 orang nahdliyin dari Bojonegoro mulai berangkat ke Sidoarjo sejak Pukul 00.00 WIB, dengan menggunakan bus, dan kendaraan sendiri. Namun kebanyakan lebih memilih menggunakan mobil pribadi, dengan alasan disampng bisa berangkat sewaktu-waktu juga tidak berdesak-desakan di dalam bus. Selain itu juga bisa mengindari kemacetan saat memasuki lokasi Istighosah.

Istighotsah Kubro yang mengusung tema “Mengetuk Pintu Langit, Menggapai Nurullah” itu dihadiri para kiai sepuh Nahdltul Ulama, para pejabat tinggi negara dan daerah setempat, serta masyarakat secara umum.

Istighotsah Kubro yang dimulai Pukul 09.10 WIB itu berlangsung khusyuk. Dan Istighosah ditutup dengan doa oleh sembilan kiai khos. Setelah itu ratusan ribu jamaah Nahdliyin secara tertib meninggalkan Stadion.

Istighosah dengan jumlah kehadiran peserta ratusan ribu seperti sekarang ini pernah terjadi pada 1996 atau sekitar 21 tahun lalu.

Hingga pukul 10.30 WIB, jalan raya kembali lancar. Kompleks GOR Delta berangsur-angsur sepi. Hanya tampak petugas kebersihan yang sedang memunguti sisa sampah.
(Red*)