Perkuat Institusi Masyarakat Pedesaan Pemkab Tuban Dorong KKBPK

- Tim

Selasa, 9 April 2019 - 20:22

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga

Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga

TUBAN. Netpitu.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Keluarga Berencana (Dinpemas-KB) Kabupaten Tuban menggelar kegiatan penguatan peran IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) dalam mendukung Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Pendopo Kridho Manunggal, Selasa (09/04/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Tuban, Inspektur Utama BKKBN Pusat, pimpinan OPD, perwakilan Kodim dan Polres serta tim penggerak PKK Kabupaten Tuban ini diikuti oleh 1700 peserta terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD), Sub-PPKBD, Penyuluh KB dan tenaga Balai KB ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta tentang kesehatan reproduksi dan data sasaran aseptor KB yang baru, serta menekan angka pernikahan dini di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  BNNK Tuban Lakukan Tes Urine Pegawai Pemkab

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengungkapkan bahwa pertemuan penguatan IMP dalam mendukung program KKBPK ini dapat menjadi forum untuk meningkatkan komitmen dalam pembangunan manusia.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya harapkan agar dapat terjalin koordinasi yang sinergis antara Dinpemas-KB dengan PPKBD dan Sub PPKBD dalam meningkatkan program KKBPK,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Huda menjelaskan bahwa urusan pemerintahan bidang pengendalian penduduk dan KB merupakan kewenangan wajib yang dilakukan secara bersama sama oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten atau kota.

Baca Juga :  Tak Canggung, Bupati Huda Lakukan Tes Urine Narkoba di Pemkab

“Kita tidak bisa menyelenggarakan program KKBPK sendirian, diperlukan kemitraan yang sinergis untuk memperkuat pelaksanaannya,” ungkap Bupati Tuban ini.,

Mengakhiri sambutannya, Bupati Tuban mengapresiasi kinerja seluruh pengelola dan petugas KKBPK serta mitra atas capaian angka kelahiran total (TFR) Kabupaten Tuban sebesar 1,86 dibawah rata-rata provinsi Jawa Timur yang sebesar 2,1.

Pada kesempatan yang sama, Inspektur Utama BKKBN Pusat, Drs. Agus Sukiswo, AK, MM., berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada Bupati ini yang telah memberikan dukungan dan komitmen partisipasi aktif dalam pengelolaan program KKBPK di Kabupaten Tuban.

“Program KKBPK merupakan salah satu program unggulan dalam upaya pembangunan secara kualitas dan kuantitas penduduk,” ungkapnya.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran COVID-19 Polres Lakukan Aksi Bersih Lingkungan Hingga Semprotkan Disinfektan

Keberhasilan program KKBPK ditandai dengan penurunan laju pertumbuhan penduduk, penurunan tingkat fertilitas, peningkatan kesadaran masyarakat tentang makna keluarga kecil.

Agus berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan motivasi kader IMP untuk terus mensukseskan program KKBPK di Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa peran para kader untuk di Kabupaten Tuban haruslah mendayagunakan keluarga dan masyarakat untuk bersama-sama bersinergi dengan program-program pembangunan, sehingga nantinya dapat dicegah terjadinya persoalan-persoalan kependudukan di masyarakat.

“Untuk itu perlu upaya peningkatan kompetensi kader,” pungkasnya.

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media