oleh

Wisata Prataan Menarik Minat Pelajar Belajar Mencintai Alam

TUBAN. Netpitu.com – Keberadaan wahana Wana Wisata Prataan yang berlokasi di hutan petak 23, Resort Pemangku Hutan (RPH) Manjung, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan ( BKPH) Parengan Utara yang dalam pengelolaan KPH Parengan tetap banyak diminati pelajar dan masyarakat umum. Wisata di dalam kawasan hutan ini masuk wilayah pemerintahan Dusun Prataan, Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban dengan luas 4.20 Ha.

Meskipun terletak di tengah hutan yang cukup tinggi datarannya juga merupakan wisata edukasi karena baru saja telah dikunjungi dan sarananya digunakan untuk kegiatan Out Bound dan pembelajaran alam tentang ragam jenis flora dan fauna di kawasan hutan disekitar wisata tersebut oleh 100 siswa-siswi SD Muhamadiyah 2 Bojonegoro pada hari liburan sekolah, Minggu, (07/04/2019), hingga menjelang petang hari.

pontensi yang di miliki KPH Parengan dengan jarak tempuh dari kota Bojonegoro ± 25 Km, dari kota Tuban 31 km dan dari Surabaya 134 km. Lokasi mudah di tempuh dengan semua kendaraan sepeda motor , mobil dan mini bus.

“Memang wahana yang ada dan hutan sedkitarnya sering digunakan belajar sekaligus digunakan anak-anak sekolah SD hingga SMA. Bahkan sering mereka melakukan kemah di situ. Contohnya kemarin sebanyak kurang lebih 100 siswa-siswi SD Muhamadiyah 2 Bojonegoro yang didampingi 6 orang guru telah melaksanakan kegiatan Sekolah di Wana Wisata Prataan dengan menyelenggarakan Oud Bond dan pembelajaran langsung tentang alam hutan dan sekitarnya,” paparnya Badarrudin Amin, Administratur/KKPH Perhutani Parengan, membenarkan kala ditemui netpitu.com diruang kerjanya, Senin, (08/04/2019).

Dalam kesempatan ini pula, Administratur Perhutani di dua wilayah kerjanya, Kabupaten Tuban dan Bojonegoro ini mengatakan Wisata Prataan ini akan terus diupayakan perbaikan fasilitas untuk menambah minat pengunjung sehingga akan menambah pendapatan Perhutani KPH Parengan di bidang Wisata.

Ditemui terpisah oleh media ini, salah satu guru pembimbing SD swasta ini, Faridatur Rifqiyah,S.Th.i mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan program kurikulum sekolah dengan melaksanakan rutinitas setiap tahun.

“Kita pilih lokasi Wisata Prataan karena mudah dijangkau dari sekolahan kita. Disamping harga tiket ekonomis dan murah serta banyak wahana untuk pengenalan lingkungan alam baik dari tumbuhan maupun hewan,” kata guru muda nan cantik ini.

Menurut guru penyabar ini, murid-murid SD ini menyatakan kalau anak didiknya sangat meminati lokasi tersebut karena alam masih sangat terjaga kebersihannya sehingga sangat baik untuk kesehatan.

“Layanan petugas yang sangat ramah dan baik menjadikan salah satu pilihan di wisata Prataan disukai anak-anak. Kesabarannya itu yang anak-anak suka. Merekapun humoris koq,” selorohnya sambil mengenang petugas-petugasnya.

Memang wisata ini cukup komplet di seputaran kota Bojonegoro, karena juga tersedia sarana kegiatan lain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bermain seperti flying fox, panjat jaring, game kerjasama dan lain-lain yang membuat para pelajar itu sangat bersemangat dan menikmati setiap permainan disana.

(met)