oleh

Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dalam.upaya mendongkrak dan mempertahankan nilai kepuasan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah, Kementerian Pendayagunasn Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kementerian PANRB ) melakukan Rapat Koordinasi dengan OPD penyelenggara pelayanan publik di daerah.

Kegiatan yang mengambil tema ” Sinergi implementasi kebijakan dalam.mewujudkan trasformasi pelayanan publik, dengan Nara sumber Prof. Diyah Natalisa, deputi pelayanan publik Kementerian PAN RB, di Solo, Jumat, (9/4/2021).

Hanya saja, karena situasi sekarang masih dalam Pandemi Covid-19 maka yang diundang hadir di Solo pesertanya terbatas. Sedangkan untuk peserta dari OPD daerah yang tidak diundang ke Solo, mengikuti kegiatan tersebut dengan cara daring (online melalui video conferen).

Kepala bagian Ortala Pemkab Bojonegoro, Mudjianto, saat ditemui netpitu.com di ruang kerjanya mengatakan kegiatan ini diikuti oleh semua OPD teknik yang menyelenggarakan pelayanan publik yang ada di mall pelayanan publik Pemkab Bojonegoro.

Untuk melihat tingkat keberhasilan pelayanan publik di Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro pada setiap tahunnya telah mengadakan survey kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Bojonegoro kepada masyarakat.

Hasilnya, untuk tahun 2020 lalu, dari hasil survey lembaga independent diketahui nilai index kepuasan masyarakat mencapai 3,51 persen. Angka hasil ini telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pemkab Bojonegoro, sekitar 3,20 persen.

Untuk target index kepuasan masyarakat 2021 ini Pemkab Bojonegoro menaikkan targetnya menjadi 3,30 persen.

“Jika mengacu dari hasil survey tahun 2020 lalu, Insyaallah target 2021 ini masih bisa tercapai,” ujar Mudjianto.

Sebagaimana ditekankan oleh Menteri PAN RB, Tjahyo Kumolo, saat berkunjung di Bojonegoro, Selasa, ( 6/4/2021 ) lalu, bahwa kegiatan pelayanan publik khususnya soal perizinan harus bisa diselesaikan dalan satu kantor, yakni Mall pelayanan publik. Sehingga publik tidak lagi direpotkan untuk mengurus kelengkapan izin di kantor OPD lainnya.

“Setiap ada investasi yang masuk ke daerah, Pemkab harus menerimanya dengan baik dengan memberikan kemudahan dalam pelayanan perizinan,” ujar Menteri PAN RB, Tjahyo Kumolo, saat lakukan grandlounching mall pelayanan publik di Bojonegoro, Selasa, (6/4/2021) lalu.

(Yon)