oleh

Perkuat Nilai Pancasila, Kodim Instal Ulang Santri PP Arrasyid

Netpitu.com – Tak mau ketinggalan dengan kegiatan Pekan Pancasila yang diggas Presiden Joko Widodo, Kodim 0813 Bojongeoro, Jum’at (9/6)  menyelenggarakan Pekan Pancasila di Pondok Pesantren Al-Rasid, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Kegiatan ini berutujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila.

Kegiatan yang mengusung tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila” diikuti 450 siswa-siswi Ponpes Al- Rasyid. Dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2017 lalu.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk kembali menarik minat para generasi muda, khususnya pelajar dan seluruh masyarakat terhadap Pancasila. Sehingga, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri bisa dipahami sedemikian rupa,” papar Kapten Inf Ratik, selaku pemateri pada kegiatan tersebut.

Ditambahkan Ratik, bahwa kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari perintah pimpinan, untuk menyelenggarakan kegiatan Pekan Pancasila di wilayah masing-masing.

“Sehingga, harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi setiap orang untuk mengembangkan Pancasila sebagai landasan hidup serta pola pikir. Jangan sampai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila hanya dijadikan hafalan dalam pelajaran sekolah saja,” terangnya.

Adapun materi dalam kegiatan ini diantaranya adalah pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Kepramukaan dan Outbond.

( Dan)