Pastikan Tepat Sasaran, Wabup Tuban Pantau Penyaluran BST Di Semanding

- Team

Rabu, 10 Juni 2020 - 18:35

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Setelah sehari sebelumnya dibayarkan di Kecamatan Tuban, pada hari kedua ini sebanyak 2.935 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Kecamatan Semanding menerima pembayaran Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap II.

Guna memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran dan sesuai jumlahnya, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si meninjau pelaksanaan pembayaran BST Tahap II di Balai Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding, Rabu, (10/6/20).

Pembayaran BST di Kecamatan Semanding di pusatkan di dua tempat, yaitu Desa Prunggahan Kulon dan Desa Genaharjo, pada kesempatan ini Wabup menyampaikan bahwa pembayaran BST di laksanakan secara langsung oleh Kantor Pos, Pemkab Tuban melalui Dinsos, Kecamatan dan Desa hanya memfasilitasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Setelah saya lihat langsung, pembayaran yang dilaksanakan secara tunai ini diterima sesuai jumlah nominal yang didapatkan yaitu 600.000 rupiah per KPM, dan Penyerahan ini juga dijamin tepat sasaran karena dilaksanakan melalui kantor pos,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Ini Kafilah Tuban Berlomba di 5 Cabang Babak Final MTQ

Namun dari alokasi BST untuk Kabupaten Tuban sejumlah 32.108 KPM, pada tahap I dan dipastikan pada tahap II ini terdapat 4.546 KPM yang tidak melaksanakan pengambilan BST karena setelah di laksanakan kroscek data, mereka sudah menerima bantuan lain sehingga double bentuan dalam satu KK, meninggal dunia tanpa ahli waris, sudah hidup berkecukupan dan berpindah alamat.

“Bantuan ini adalah untuk masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 secara langsung, dan mereka belum menerima bantuan seperti PKH, BPNT dan lainnya,” terang Wabup.

Jenis bantuan yang beragam terkait pandemi Covid-19 dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Tuban, mengharuskan adanya validasi data yang tepat. Mengingat ditemukannya data yang didrop dari pusat tidak sesuai dan tidak tepat sasaran, saat ini Pemkab Tuban menurut Wabup telah menyerahkan data susulan hasil usulan dari Desa, namun pada tahap II ini belum bisa dibagikan, kemungkinan pada tahap III nanti.

Baca Juga :  Wisata Sendang Gandu Mulai Dilirik Traveler

“Saya ingatkan, bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan primer, jangan digunakan untuk kebutuhan sekunder atau tersier lebih dulu. Dan menghadapi New Normal, bolehlah digunakan untuk beli masker,” harap Wabup dua Periode ini.

Sementara itu Kepala Kantor Pos Tuban, menjelaskan bahwa pada pembayaran BST tahap II ini sistem pembayarannya sama dengan tahap I yaitu di bagi menjadi beberapa sistem, yang pertama, untuk kecepatan pembayaran diutamakan komunitas atau pada desa yang ditunjuk untuk ditempati agar lebih dekat dengan warga, tempat dan jadwal telah ditetapkan di 20 Kecamatan Se-Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Jangan Terkecoh, Seragam Cleaning Service RSUD Sama Dengan Tenaga Harian Lepas

“Dengan dilaksanakan di Desa/Kelurahan, Harapannya dapat menyerap banyak pembayaran BST kepada masyarakat,” katanya.

Adapun sistem yang kedua, bagi penerima manfaat yang belum nenerima pembayaran BST di desa/kelurahan pada jadwal yang ditentukan, dapat dilaksanakan pembayaran BST dikantor pos terdekat, namun bagi yang sakit atau lansia yang tidak bisa bangun dari tempat tidur dapat melalui sistem yang ketiga, yaitu pembayaran ditempat.

“Pada sistem ini bagi anak atau saudara penerima manfaat bisa melapor kepada kami, nanti kami yang datang kerumah untuk melaksanakan pembayaran secara langsung kepada yang bersangkutan,’’pungkasnya.

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32