oleh

Bojonegoro Minus Tenaga Penghulu, 9 KUA Kosong

BOJONEGORO. Netpiu.com – Kantor Kementerian Agama Bojonegoro, hingga hari ini masih mengalami kekurangan tenaga penghulu atau pejabat pencatat nikah di Kantor Uruan Agama.
Dari 27 KUA yang tersebar di wilayah Kecamatan se kabuaten Bojonegoro, hanya terdapat 22 Penghulu. Sedang 9 KUA sisanya dipastikan tidak memliki tanaga Penghulu.

Menurut Kasi Urais, Kemenag Bojonegoro, Masduki, kekurangan Penghulu di KUA sudah terjadi mulai tahun 2015 lalu, walaupun tiap tahun Kantor Kementerian Agama Bojonegoro (Kemenag) membuka lowongan Penghulu bagi pegawai lingkup Kemenag ditiap tahunnya tapi peminat yang mendaftar sangat minim.

Baca Juga :  16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan

“Di Bojonegoro ada 9 KUA yang tidak mempunyai Penghulu. Tiap tahun pasti buka pendaftaran tapi yang daftar tidak sampai lima orang,” kata Masduki Senin, (09/10) diruang kerjanya

Idelanya, kata Masduki, setiap KUA minimalnya dua orang Penghulu sehingga tugas dari Kepala KUA bisa melayani kebutuhan masyarakat dalam urusan pernikahan, hal itu sangat diperlukan soalnya peristiwa pernikahan tiap tahun terus naik.

Baca Juga :  16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan

Dikatakan Masduki, di Bojonegoro rata-rata terdapat peristiwa pernikahan dua belas ribu tiap tahunnya. Sampai bulan Oktober ini peristiwa pernikahan sudah mencapai delapan ribu peristiwa, terang Masduki.(pur)