oleh

Satgas TMMD dan Polres Bojonegoro Sosialisasikan Bahaya Narkoba

BOJONEGORO. Netpitu.com – Mengantisipasi peredaran Narkoba memasuki ke pelosok Desa Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0813 bekerja sama dengan Polres Bojonegoro, menggelar sosialisasi bahaya Narkoba di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, di Balai Desa Meduri, Senin (9/10).

Adapun sosialisasi ini dimaksudkan agar seluruh warga Desa Meduri dan perangkat desa tahu akan bahaya pengunaan narkoba bagi masyarakat Desa Meduri yang ini minim informasi terkait resiko kesehatan dan hukum penggunaan nakoba.

Dalam sosialisasi bahaya Narkoba ini tidak hanya menyasar usia dewasa, namun juga warga Desa berusia remaja dan anak-anak menginjak usia remaja yang selama ini diketahui menjadi target para pengedar dan bandar Narkoba.

Kasat Narkoba Polres Bojonegoro AKP Ramelan, mengatakan permasalahan Narkoba kini telah menjadi permasalahan bangsa yang dampaknya telah banyak menelan korban nyawa dan secara ekonomi merugikan negara karena negra harus mengeluarkan anggaran cukup besar untuk merehabiltasi korban atau pecandu Narkoba.

Kejahatan Narkoba saat ini telah menjadi musuh utama negara sehingga peran masyarakat terutama perangkat Desa, tokoh masyarakat, dan orang tua sangat penting bagi pencegahan meluasnya peredaran Narkoba yang sekarang sudah merambah ke hampir pelosok Desa. Karena kejahatan Narkoba ini tidak mengenal usia, tempat maupun jabatan.

Dijelaskan, ketergantungan terhadap Narkoba merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami ketergantungan secara fisik dan psikologis terhadap suatu zat adiktif yang terkandung dalam narkoba.

Menurut Ramelan, masyarakat bukannya tidak tahu, tapi belum memahami tentang apa itu masalah adiksi yang dialami oleh pengguna narkoba.

‘’Jika sudah terkena, sistem otak yang sudah rusak tidak dapat sembuh. Para pengguna hanya dapat pulih melalui rehabilitasi, agar dapat bangkit dan menata kehidupan untuk masa depan yang lebih baik,’’ paparnya.

Lebih lanjut Ramelan mengatakan, penyuluhan ini juga untuk menciptakan keluarga serta lingkungan yang sehat dan bebas narkoba. Ujar Ramelan, saat membuka kegiatan penyuluhan bahaya narkoba bagi para pemuda dan masyarakat Meduri di Balai Desa Meduri, Senin (09/10).

Kepala Desa Meduri, Hariyono, sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi bahaya penggunaan Narkoba kepada warga Desa Meduri. Dengan demikian warga Desa kini mengetahui apa dan bagaimana Narkoba itu.

(Dan)