oleh

Presiden Jokowi : Inti Kebudayaan Yakni Kegembiraan

JAKARTA. Netpitu.com – Presiden Jokowi menerima dokumen strategi kebudayaan dari hasil kongres, saat menghadiri acara kongres kebudayaan Indonesia (KKI) di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, (9/12).

Hasil dari kongres tersebut yaitu strategi kebudayaan nasional yang diharapkan menjadi pedoman untuk memajukan kebudayaan Indonesia hingga 20 tahun ke depan.

Menurut Jokowi, inti dari sebuah kebudayaan yakni kegembiraan. Apalagi saat ini perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, dia mengimbau agar masyarakat terus dan aktif sama menjaga kebudayaan.

Baca Juga :  Ini Pesan Camat Sukosewu Dalam Acara Perades Klepek

“Kita harus selalu ingat untuk terus aktif, nguri-uri kebudayaan Indonesia, kebudayaan nusantara. Dan sekaligus menguatkan dan mengembangkannya dalam menghadapi perkembangan zaman tersebut,” kata Jokowi.

Kebudayaan dan ilmu pengetahuan di Indonesia, lanjut Jokowi, merupakan karya dari sejarah panjang peradaban bangsa. Mulai dari pengalaman panjang menghadapi alam, menghadapi perkembangan zaman dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan yang ada.

Karena hal itu, Jokowi mengucapkan terima kasih untuk para budayawan serta para pekerja budaya yang telah ikut serta dalam mempertahankan budaya yang ada.

Baca Juga :  A. Umar : Tuntutan Tidak Rasional, Sukur : Saya Tidak Ambisius

“Saya yakin kebudayaan kita tetap mengakar kuat dalam ke Indonesiaan kita, sekaligus tumbuh subur mewarnai belantara budaya dunia. Berkat semangat dan kerja keras bapa ibu semuanya yang luar biasa,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pendikikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, peserta kongres menginginkan adanya kemajuan budaya Indonesia. Kongres kali ini merupakan yang diselenggarakan ke-100 kalinya, sejak 1918.

“Sejak dilaksanakan pada 5 Desember 2019 kemarin, kongres ini dihadiri kurang lebih 7 ribu orang,” kata Muhadjir.

Baca Juga :  Lagi-lagi Bupati Langgar Aturan Sendiri

Dua budayawan dan dua sastrawan Indonesia peroleh penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo. Keempat orang yang menerima penghargaan tersebut, yaitu Ismiyono, Hubertus Sadirin, Putu Wijaya, dan D. Zawawi Imron.

Selain Presiden Jokowi, acara penyerahan juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan informatika (Kominfo) Rudiantara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, dan seniman Butet Kertaradjasa.

(*/ams)