Miliki SRA Terbanyak Kabupaten Tuban Terima Penghargaan Dari Kementerian PPPA

- Team

Selasa, 10 Desember 2019 - 10:46

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Miliki SRA Terbanyak Kabupaten Tuban Terima Penghargaan Dari Kementerian PPPA.

Miliki SRA Terbanyak Kabupaten Tuban Terima Penghargaan Dari Kementerian PPPA.

TUBAN. Netpitu.com– Keseriusan Pemkab Tuban dalam mendukung terwujudnya Sekolah Ramah Anak (SRA) dan mempercepat terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA).

Dengan memiliki jumlah Sekolah Ramah Anak terbanyak se- Indonesia, Kabupaten Tuban, menerima penghargaan dari menteri PPPA.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri PPPA, Gusti Ayu Bintang Darmawanti, SE, M.Si kepada Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si,  di Wisma Nusantara Jakarta, Senin (9/12/19).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kesempatan ini Wabup di dampingi Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Nur Khamid dan Kepala Dinas Sosial P3A. Nurjanah SH, MM.

Sebagai mana arahan Menteri PPPA dalam berbagai kesempatan, yang menerangkan akan pentingnya kehadiran sekolah ramah anak, karena setiap hari anak-anak menjalani waktu yang cukup banyak di lingkungan sekolah. “Hampir sepertiga waktu anak-anak itu ada di sekolah, itulah kenapa penting hadirnya sekolah ramah anak ini,” Ujarnya

Baca Juga :  Jokowi Gratiskan Tarif Jembatan Tol Suramadu

Bintang Puspayoga sapaan akrab Menteri PPPA juga mengemukakan bahwa saat ini masih banyak praktik kekerasan terhadap anak serta berbagai hal yang harus dilindungi terkait kebutuhan anak-anak ketika berada di sekolah.

Untuk itu, kehadiran sekolah ramah anak sebagai bagian komitmen untuk memastikan bahwa anak-anak bisa merasa bebas, terlindungi, dan terpenuhi hak-haknya.”Di sekolah, anak-anak harus bisa merasa nyaman, kebersihan terjaga, harus indah, asri dan inklusif.” tegasnya.

Oleh karena itu Kementerian PPPA memberikan Apresiasi kepada Pemerintah daerah yang serius dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam mendukung terwujudnya kabupaten/Kota Layak Anak.

“Kita berharap capaian SRA ini dapat diwujudkan diseluruh Kabupaten/kota di Indonesia, sesuai target kita Indonesia menuju negara ramah anak pada 2030 nanti,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dispendik Tuban menjelaskan bahwa tahun 2019 ini seluruh Sekolah di Kabupaten Tuban sudah termasuk dalam SRA, dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (KB dan TK) sebanyak 1.161 Sekolah, Jenjang Sekolah Dasar (SD) sebanyak 580 Sekolah dan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 92 Sekolah.

Baca Juga :  Wisata Air Terjun Mbah Zakaria Butuh Sentuhan Infrastruktur

“Oleh karena itu, Kabupaten Tuban memiliki Jumlah Sekolah Ramah Anak Terbanyak Tahun 2019.” Jelasnya.

Nur Khamid menambahkan bahwa untuk mewujudkan SRA di Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan bersama seluruh lembaga, Guru, Komite Sekolah dan Siswa bersama-sama telah melakukan upaya optimal seperti dengan Deklarasi SRA, Workshop penguatan SRA, Peninjauan langsung dan Impelemntasi SRA di Seluruh sekolah Di Kabupaten Tuban.

Setelah menerima penghargaan, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si mengucapkan rasa syukur atas diraihnya Penghargaan ini, menurut wabup hal ini adalah buah dari hasil kerja keras bersama yang harus disyukuri dan dijadikan penyemangat dalam mengimpelentasikan Sekolah Ramah Anak secara lebih optimal di Kabupaten Tuban.

Baca Juga :  Jelang Akhir Masa Tugas Bupati, LPJ BOS 2017 Dikebut

Tidak lupa, Wabup dua periode ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pendidikan di Kabupaten Tuban dan berharap dengan predikat SRA yang di sandang oleh sekolah dapat dirasakan manfaatnya,

“Melalui konsep SRA, diharapkan mampu mewujudkan kondisi Siswa, guru, dan orang tua yang bahagia dalam mewujudkan SRA, dengan didukung infrastruktur yang memadai, lingkungan sekolah yang bersih dan sehat serta tenaga pengajar yang mengajar dengan kasih sayang.” harapnya.

Sebagai Informasi bahwa Kabupaten Tuban Tahun ini juga telah memperoleh penghargaan Predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama pada Bulan Juli yang lalu.

Selain itu beberapa Sekolah juga mendapatkan Predikat SRA Terbaik Tingkat Nasional diantaranya tingkat Pra Sekolah adalah TK Islam Plus Insan Kamil Tuban, Tingkat Madrasah Tsanawiyah adalah MTs Negeri 1 Tuban dan Tingkat SMA adalah SMA Negeri 2 Tuban.

(met)

Berita Terkait

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban
Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja
Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro
Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum
Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro
PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi
LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:37

Idhul Adha, SMKN 1 Bojonegoro Potong 5 Ekor Sapi Qurban

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Minggu, 12 November 2023 - 16:16

Satu Jiwa Tolak Korupsi, Roadshow PMK ke 66 di Bojonegoro

Rabu, 6 Juli 2022 - 23:21

PPDB SMKN Tuban – Bojonegoro Resmi Ditutup, 1109 Bangku Tak Terisi

Jumat, 27 Mei 2022 - 13:05

Orang Tua Wali Murid Pertanyakan Uang Tabungan dan Uang Kunjungan Industri Yang Belum Dikembalikan

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:02

IKA SMP Negeri 2 Bojonegoro Mulai Bangun Mushola di SMPN 2

Selasa, 24 Mei 2022 - 18:00

Pungutan Kepada Siswa Melalui Komite Itu Tidak Dibenarkan

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32