oleh

Pemkab Tuban Bagikan Kartu Bansos Covid-19

TUBAN. Netpitu.com – Pemkab Tuban mengawali penyaluran 13.462 Kartu Bantuan Sosial (Bansos) kepada warga terdampak wabah Covid-19, Senin, (11/05/2020).

Pada periode pertama, penyaluran Kartu Bansos Covid-19 yang melibatkan rekanan BNI 46 Tuban ini diberikan kepada warga di wilayah Kecamatan Tuban (Kota), Jenu, Tambakboyo, dan Kecamatan Bancar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menyampaikan ke netpitu.com, bantuan ini sebagai bentuk penambahan jumlah keluarga penerima manfaat bantuan pangan melalui program Bansos Penanganan Covid-19.
Pembagiannya dipusatkan di kantor kecamatan, balai desa, dan kelurahan.

“Proses distribusi dilakukan oleh pihak BNI 46 bersama Pendamping Bantuan Sosial Pangan (BSP),” jelas Budi Wiyana, Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tuban.

Sementara Camat Tuban, Drs. R. Moch. Dani Ramdani, menerangkan, proses pendistribusikan Kartu Bansos dimulai sejak pagi dan diserahkan langsung ke masing-masing penerima.

Mekanismenya mengacu pada protokol kesehatan, dan menerapkan physical distancing (jaga jarak aman).

Terkait penerapan protokol kesehatan, Pemerintah Kecamatan Tuban bekerja sama dengan Puskesmas setempat. Petugas kesehatan memastikan penerapan protokol kesehatan kepada warga saat pembagian kartu.

“Kami juga menyiagakan satu mobil ambulan,” jelas camat Dani.

Dani berharap bantuan yang diberikan Pemkab Tuban dapat meringankan beban warga di wilayah kerjanya yang terdampak Covid-19.

Sesuai Surat Sekda kepada seluruh camat di Kabupaten Tuban tertanggal 5 Mei 2020, proses penyaluran kartu Bansos Covid-19 dilakukan secara bertahap dimulai Senin ini.

Selanjutnya pada hari Selasa besok, (12/05/2020), penyaluran dijadwalkan di wilayah Kecamatan Kenduruan, Jatirogo, Senori, Bangilan, dan Kecamatan Singgahan.

Kemudian pada Rabu (13/05/2020) di Kecamatan Parengan, dan Kecamatan Soko. Dan di hari
Kamisnya (14/05/2020) di wilayah Kecamatan Plumpang, dan Kecamatan Widang.

Sedangkan untuk Kecamatan Palang, Semanding, Rengel, dan Kecamatan Grabagan proses distribusi dilakukan pada hari Jumat (15/05/2020).

“Untuk kecamatan Kerek, Merakurak, dan Kecamatan Montong penyalurannya dijadwalkan hari Sabtu (16/05/2020), kilah Setda yang juga Sekretaris Gugus Tugas Kab. Tuban.

(met)