Relawan Gugus Tugas Deklarasikan #TubanMaskeran

- Team

Sabtu, 11 Juli 2020 - 07:11

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Dr Ir Budi Wiyana MSi, dan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat mendeklarasikan #TubanMaskeran, di ruang RH Ronggolawe Pemkab Tuban, Jumat, (10/07/2020).

Usai melakukan deklarasi yang diikuti pula oleh Sekdin Dinas Kesehatan selaku Jubir Gugus Tugas Kabupaten Tuban beserta jajaran juga Plt. Kepala Diskominfo Tuban, Rohman Ubaid, dan perwakilan Gugus Tugas lainnya, dan sejumlah Tim relawan Gugus Tugas dari pusat bersama sama menuju ke TPI Kecamatan Palang untuk bersosialisasi dan membagikan paket alat kesehatan kepada pedagang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Palang,Kecamatan Palang.

Rombongan ini kemudian melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Merakurak untuk menyampaikan sejumlah paket bantuan masker dan handsanitizer dan terakhir sholat jum’at dan bersosialisasi di masjid Al-Falah usai sholat Jumat.

Sekda Tuban Dr Budi Wiyana menyatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas perhatian Gugus Tugas Pusat sehingga terselenggara deklarasi bersama, sekaligus sosialisasi tentang penggunaan masker.

Langkah ini menjadi salah satu upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid-19. Dengan dilibatkannya kelompok relawan pemuda dan komunitas, semakin mengoptimalkan upaya pemerintah untuk memasifkan gerakan menggunakan masker.

Tercatat per tanggal 9 Juli 2020, jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 131 pasien dengan total pasien sembuh 52 orang.

Sedangkan total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 665 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 125 orang dan 63 diantaranya dinyatakan sembuh.

“Angka tersebut masih terbilang tinggi, karenanya diperlukan langkah-langkah masif lagi,” ujar Budi Wiyana.

Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Tuban ini menerangkan, Bupati Tuban telah mengambil langkah dan upaya penanganan dan pencegahan Covid-19, termasuk penerbitan Perbup Nomor 19 Tahun 2020 perihal Kewajiban Penggunaan Masker dalam Pencegahan Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) di Kabupaten Tuban, juga berbagai kegiatan terkait edukasi prokotol kesehatan gencar untuk dilaksanakan, salah satunya penggunaan masker.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Polres Mulai Latihan Dalmas

Gugus Tugas Tuban juga telah melakukan upaya penertiban sejak 3 bulan terakhir. Masyarakat yang melanggar akan dikenakan sanksi administratif, sosial, hingga dilibatkan saat pemakaman jenazah pasien Covid-19 sebagaimana diatur dalam perbup tersebut.

Di samping itu, Pemkab Tuban bersama stakeholder juga membagikan masker guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa berdisiplin.

Berbagai langkah tersebut diharapkan membawa dampak siginifikan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bumi wali.

“Masyarakat dapat terus menindaklanjuti atas kegiatan ini. Bukan hanya sekarang, tapi juga seterusnya,” tuturnya.

Perwakilan Gugus Tugas Pusat, Catur Arif Setiawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab dan pemuda Kabupaten Tuban yang memberi perhatian ekstra dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Kegiatan ini menjadi wadah bagi pemuda untuk berpartisipasi dan mendukung upaya pemerintah.

Baca Juga :  Ceria Ramadhan Berbagi Berkah di Madin Miftahul Huda

Kelompok pemuda memiliki energi lebih dan dapatnya diarahkan ke arah hal positif. Caranya dengan membuat konten maupun dilibatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Pemuda harus menjadi garda depan untuk mengedukasi masyarakat pentingnya menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Setidaknya pemuda menjadi contoh, dengan menjadi relawan mandiri. Melindungi diri sendiri, keluarga dan selanjutnya edukasi masyarakat,” terangnya.

Rangkaian kegiatan Gugus Tugas Pusat ini berorientasi pada penyadaran secara psikis, dan emosi masyarakat bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan diberbagai sektor. Karenanya, harus disikapi dengan bijak, yaitu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Catur Arif menambahkan, Gugus Tugas Pusat melibatkan komunitas, pemuda, youtuber maupun media lain agar berperan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

(met)

Berita Terkait

Wartawan Bojonegoro Unjuk Rasa di Depan Mapolres, Kutuk Aksi Kekerasan Terhadap Jurnalis
Trend Penularan Covid19 di Bojonegoro Terus Meningkat, Tenaga Kesehatan Disasar
Terapkan PSBB, Bojonegoro Kembali Berlakukan Jam Malam
Kembali ke Zona Merah, Resiko Penularan Covid-19 di Bojonegoro Tinggi
Wabah Covid19 di Bojonegoro Mulai Menggila
Warga Ngampel Tuntut Ganti Rugi dan Kompensasi Bau Busuk Pengeboran Sumur Minyak Pertamina
Hadapi Kemarau, BPBD Bojonegoro Siapkan 1000 Tangki Air Bersih
Belum Ada Tanaman Pengganti, Penebangan Pohon di 5 Titik Jalan Dalam Kota Bojonegoro Dipertanyakan

Berita Terkait

Senin, 10 Juni 2024 - 11:47

408 Kades nek Bojonegoro Masa Jabatane Ditambahi 2 Taun

Senin, 10 Juni 2024 - 10:48

Masa Jabatan 408 Kades di Bojonegoro Diperpanjang 2 Tahun

Selasa, 4 Juni 2024 - 20:43

Banyak Masalah, PDIP Minta Pemerintah Batalkan PP No. 21 Tahun 2024 Tentang Tapera

Senin, 22 April 2024 - 13:11

Sekda Nurul Azizah Sapa Ribuan Warga di Pengajian Ning Umi Laila

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Rabu, 6 Desember 2023 - 12:10

Sunaryo Abuma’in : LABH PPP Layani Pendampingan dan Bantuan Hukum Gratis Pada Masyarakat

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Berita Terbaru