Warga Desa Margomulyo Mulai Berlatih Membuat Batik Samin

- Tim

Kamis, 11 Oktober 2018 - 17:50

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekitar 70 ibu-ibu warga Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Rabu (10/10) berlayih seni membatik kain udeng.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Elsadeba, yang hadir bersama anggota DPRD, Fraksi PDIP, Donny Bayu Setyawan, memnrrikan motivasi kepada warga yang berlatih.

Mengingat di Desa Margomulyo ini ada sekelompok warga Samin yang menjadi data tatik wisata budaya masyarakat. Sehingga Desa Margomulyo harus mampu mengambil peluang bisnis yang ada di depan mata.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Udeng merupakan kain penutup kepala khas suku Jawa dan masyarakat Samin selama ini menggunakannya bukan sekedar sebagai simbol kesukuan. Tetapi lebih dari itu, sikap hidup yang taat dan patuh pada ajaran para leluhur masyarakat Samin.

“Maka ini harus ditangkap sebagai peluang, dengan membuat semacam souvenir, misalnya udheng. Supaya wisatawan masuk ke Margomulyo memberikan efek positif secara perekonomian kepada masyarakat sekitar,” ujar Donny Bayu Setyawan.

Lebih dari itu, kedepan ada rencana membangun museum Samin, sehingga menegaskan Margomulyo sebagai desa wisata budaya. Dan masyarakat Harus bersiap dengan itu, salah satunya dng membuat kegiatan seperti itu. 

(dan)

Berita Terkait

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak
Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP
PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS
Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa
Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh
Ketua Sarbumusi : Usulan Kenaikan Upah Apindo Tak Hargai Keringat Buruh
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Apindo Bojonegoro Usulkan Kenaikan Upah Sebesar 4,82 Persen