oleh

Warga Desa Margomulyo Mulai Berlatih Membuat Batik Samin

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sekitar 70 ibu-ibu warga Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro, Rabu (10/10) berlayih seni membatik kain udeng.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Elsadeba, yang hadir bersama anggota DPRD, Fraksi PDIP, Donny Bayu Setyawan, memnrrikan motivasi kepada warga yang berlatih.

Mengingat di Desa Margomulyo ini ada sekelompok warga Samin yang menjadi data tatik wisata budaya masyarakat. Sehingga Desa Margomulyo harus mampu mengambil peluang bisnis yang ada di depan mata.

Baca Juga :  Produk Wastafel Injak Ini Melejit di Tengah Suramnya Ekonomi Karena Covid19

Udeng merupakan kain penutup kepala khas suku Jawa dan masyarakat Samin selama ini menggunakannya bukan sekedar sebagai simbol kesukuan. Tetapi lebih dari itu, sikap hidup yang taat dan patuh pada ajaran para leluhur masyarakat Samin.

“Maka ini harus ditangkap sebagai peluang, dengan membuat semacam souvenir, misalnya udheng. Supaya wisatawan masuk ke Margomulyo memberikan efek positif secara perekonomian kepada masyarakat sekitar,” ujar Donny Bayu Setyawan.

Baca Juga :  Arie MP : Perang Media Itu Biasa, Tapi Jangan Hoax

Lebih dari itu, kedepan ada rencana membangun museum Samin, sehingga menegaskan Margomulyo sebagai desa wisata budaya. Dan masyarakat Harus bersiap dengan itu, salah satunya dng membuat kegiatan seperti itu. 

(dan)