oleh

Festival Blimbang Ngringinrejo Ungkapan Rasa Syukur Petani

BOJONEGORO. Netpitu.com – Gunungan belimbing setinggi 6 meter dengan berat 1,2 ton buah belimbing diperebutkan pada acara festival belimbing ke 4 Tahun 2017 yang digelar oleh Warga Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu.

Selain Gunungan besar nanti juga ada 3 gunungan kecil yang diarak mulai dari pintu parkir 2 lokasi agrowisata Belimbing kemudian diarak menuju lokasi festival atau di rest area pintu parkir satu.

Arak arakkan ini juga ada aneka polowijo hasil.pertanian dan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah memberi sumber daya alam yang sangat luar biasa untuk petani dan masyarakat Ngringinrejo.

Gunungan raksasa itu diperebutkan oleh seluruh warga yang hadir menyaksikan festival ini yang sebelumnya diawali dengan ritual belimbing oleh sesepuh desa mbah Zaenuri.

Pak Cip petani Belimbing Desa Ngringinrejo menyambut baik adanya festival ini belimbing makin dikenal oleh orang orang luar di Bojonegoro.

Tanam pertama mulai 1985 dan dalam kurun satu tahun mampu menghasilkan minimal 80 kilogram dengan harga kisaran 7000 sampai 15.000 rupiah. Dia berharap dengan adanya belimbing ini dari segi pendapatan meningkat.

Dirinya menuturkan bahwa sebenarnya ada pihak luar yang tertarik salah satunya puspa agro Sidoarjo dan dunia buah yang satu minggubya meminta pasokan 4 ton buah belimbing.

Kepala Desa Ngringinrejo, Imam Syafi’i dalam menjelaskan festival belimbing ini adalah ungkapan rasa syukur, dirinya atas nama warga Bojonegoro menyampaikan ucapan terima kasih. Festival keempat ini dikemas berbeda tahun ini kta ada tanaman jambu air dan jambu merah yang kini mulai banyak ditanam di Dea Ngringinrejo.

(Dan)