Tuban Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

- Tim

Rabu, 11 Desember 2019 - 19:26

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tuban Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

Tuban Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

TUBAN. Netpitu.com – Bertepatan dengan peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-71 Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Tuban kembali mendapatkan penghargaan sebagai Pemerintah Kabupaten Peduli HAM Tahun 2018 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut Diserahkan oleh Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkumham, Dr. Mualimin Abdi, SH, MH yang diterima oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd, M.Si bertempat di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/19).

Hadir pula dalam kesempatan ini Menkopolhukam, Mahfud MD dan Menkumham, Yasonna Hamonangan Laoly serta diikuti oleh Kepala Kesbangpol dan Kepala Bagian Hukum Setda dari Seluruh Indonesia.

Pada kesempatan ini Menkumham menjelaskan bahwa pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota Peduli Ham oleh pemerintah adalah berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 34 tahun 2016 tentang kriteria daerah kabupaten/kota peduli hak asasi manusia.

Penghargaan ini diberikan atas upaya Pemerintah dalam membina dan mengembangkan kabupaten kota menjadi daerah peduli HAM berdasarkan capaian implementasi Hak Asasi Manusia di kabupaten/kota.

“Selain itu kriteria kabupaten/kota Peduli HAM bertujuan untuk memotivasi pemerintah daerah serta memberikan penilaian terhadap struktur, proses dan hasil capaian kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM,” ujar Menkumham.

Baca Juga :  Kapolres Akan Berantas Peredaran Miras di Bojonegoro dan Tindak Tegas Pelakunya

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Tuban selepas menerima penghargaan ini menungkapkan bahwa diterimanya penghargaan ini adalah berdasarkan laporan Tahun 2018 dengan pemenuhan tujuh kriteria dalam implementasi hak asasi manusia yang sudah dilakukan oleh Pemkab Tuban, diantaranya pemenuhan Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas perkerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan berkelanjutan dengan adanya peraturan daerah yang menjamin adanya rencana tata ruang.

Baca Juga :  DWP Tuban Santuni 10 Dhuafa

“Alhamdulillah, atas penilaian tersebut Kemenkumham menilai Kabupaten Tuban telah memenuhi kriteria sebagai Kabupaten peduli HAM” ujarnya.

Didik menambahkan, atas petunjuk dan arahan Bupati dan Wakil Bupati Tuban, Pemkab Tuban akan terus berkomitmen dalam menjalankan program yang mengedepankan hak asasi manusia yang menjadi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Tuban.

Tidak lupa ucapan terima kasih ditujukan kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam mendukung terpenuhianya hak masyarakat tersebut.

“Semoga kedepan penghargaan ini dapat terus di pertahankan dan di tingkatkan serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya.

(met)

Berita Terkait

Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media
Pameran Bonsai Dan Edukasi Bonsai di MCM

Berita Terkait

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Jumat, 8 Desember 2023 - 19:29

Sikapi Pencoretan Caleg, DPC PPP Laporkan KPUD dan Bawaslu Kab. Bojonegoro ke DKPP

Senin, 4 Desember 2023 - 16:43

PPP Maksimalkan Peran Saksi di Setiap TPS

Senin, 4 Desember 2023 - 08:11

Menangkan Pemilu 2024 DPC PPP Masivkan Konsolidasi, Sosialisai ke Kader di Tingkat Kecamatan dan Desa

Jumat, 1 Desember 2023 - 08:54

Jum’at Hari Ini Bawaslu Gelar Sidang Pelanggaran Administrasi Pelaporan Anwar Sholeh

Jumat, 17 November 2023 - 09:13

Bawaslu RI Gelar Sidang Laporan Anwar Sholeh, Soal Penetapan DCT DPR, Anna Mu’awanah

Rabu, 26 April 2023 - 19:32

DPC PPP Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar di Pilpres 2024

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:09

DPD Golkar Bojonegoro Minta Airlangga Hartarto Segera Deklarasikan Diri Sebagai Capres 2024

Berita Terbaru

BERITA

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 23 Mar 2024 - 14:00