oleh

46 LSM dan Ormas Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Netizensatu.com – Sekitar 46 LSM dan Organisasi Masyarakat di Bojonegoro, Rabu, ( 12/4 ) mendapatkan pelatihan jurnalistik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbanglinmas) Bojonegoro.

Pelatihan yang gelar selama 2 hari ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teknik penulisan jurnalistik. Setidaknya dengan kegiatan tersebut mereka ( anggota LSM ) bisa membuat rilis laporan kegiatan yang tengah dilaksanakannya.

Selain itu juga menulis opini atau penyampaian gagasan yang bisa dimuat di media baik koran maupun website.

Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono, berharap dengan adaya pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas kemampuan anggota LSM dan Ormas dalam menyampaikan laporan kegiatan ataupun laporan yang bersifat informasi untuk ditindak lanjuti penanganannya oleh Pemerintah.

”Ada banyak saluran yang dapat digunakan untuk wadah peran aktif LSM dan Ormas di Bojonegoro, mulai dari Lapor, Dialog Jumat dan yang terbaru adalah Reaksi Cepat Aduan.” jelas Setyo.

Sementara itu, Mujayin, Sekertaris Bakesbangpol mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini merupakan amanah UU No 17/2014.

“Pemerintah memang diwajibkan untuk meningkatkan kapasitas LSM dan Ormas,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa fakta menunjukkan bahwa LSM dan Ormas masih belum memiliki kemampuan untuk menulis yang memenuhi standar jurnalistik.

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan jurnalistik yang digelar selama 2 hari tersebut adalah perwakilan dari PWI Jawa Timur, PWI Bojonegoro dan AJI Bojonegoro.

( Red/*)