oleh

Santri Pulang Mondok Diperiksa Gugus Tugas Covid-19

TUBAN. Netpitu.com – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tuban memperketat pengawasan kepada pendatang yang masuk ke Kabupaten Tuban, Minggu (12/04/2020).

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban memimpin pemeriksaan terhadap 67 santri putri Ponpes Gontor asal Kabupaten Tuban di kantor Kecamatan Widang.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Tuban, Didik Purwanto, S.Pd., M.Si., menjelaskan pemeriksaan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kabupaten Tuban. Para santriwati secara bergantian diperiksa suhu tubuh dan keluhan yang ada oleh tim medis.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, rata-rata suhu tubuh santri berkisar 36,4.

“Alhamdulillah seluruh santri dalam kondisi sehat, hanya ada 6 santri yang kurang baik tapi tidak menunjukkan gejala Covid-19,” ungkapnya didepan netpitu.com yang turut hadir di acara tersebut.

Selain diperiksa kondisi kesehatan, santri dan wali santri diberikan sosialisasi terkait protokol kesehatan Covid-19.

Didik Purwanto mengimbau santri dan wali santri untuk mematuhi SOP dan protokol kesehatan yang berlaku.

Setibanya di rumah diharapkan melaporkan kedatangan ke RT; pemerintah desa; atau gugus tugas tingkat desa.

Selain itu, menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman dan menggunakan masker.

“Beberapa langkah tersebut sebagai ikhtiar kita untuk mencegah meminimalkan penyebaran Covid-19,” imbuhnya kepada media ini.

Koordinator Ikatan Keluarga Pondok Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Tuban, Tomi Ariyanto menambahkan 67 santri yang pulang ke Kabupaten Tuban terbagi dalam 4 kloter. Masing-masing kloter menaiki satu bis yang sudah disterilkan.

Dijadwalkan, Senin (13/04/3/2020) juga akan pulang kurang lebih 36 santri putra dari Ponpes Gontor.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Forkopimka Widang; tenaga medis dari kecamatan Widang dan Palang; pengurus IKPM Gontor cabang Tuban; serta wali santri.

(met)