oleh

12 Ormas di Bojonegoro Tuntut Pengadilan Segera Bubarkan HTI

Netpitu.com – sekitar 12 Ormas di Bojonegoro, Senin ( 15/5) mendatang, bakal menggelar aksi damai menuntut segera dibubarkannya Ormas HTI ( Hitzbut Tahrir Indonesia ). Aksi ini diselenggarakan untuk memberi dukungan kepada pemerintah yang telah mengajukan pembubaran HTI ke Pengadilan.

Ke-12 Ormas tersebut adalah GP Ansor, PMII, IPNU, IPPNU, GMNI, Repdem, Muslimat, Fatayat, Pagar Nusa, DPD Projo Bojonegoro, KNPI dan Banser, dengan jumlah masa aksi sekitar 1000 orang.

Sebelum  menggelar aksinya, ke 12 Ormas telah melakukan koordinasi dan mempersiapkan segala logistik yang dibutuhkan.

Rapat koordinasi yang di gelar di aula gedung PC NU, Jumat (12/5) menyepakati akan melakukan aksi damai dengan tuntutan segera dibubarkannya HTI kepada pihak Pengadilan.

Sebagaimana diputuskan dalam rapat, masa aksi hanya akan melakukan orasi di dua titik. Pertama di bundaran Adipura, dan kedua di gedung DPRD Bojonegoro. Kepada wakil rakyat nantinya akan diminta memberikan dukungan atas petisi pembubaran HTI, termasuk kepada 2 Partai yang menolak pembubaran HTI, yakni Partai Gerindera dan PKS.

“ Setelah dari DPRD massa akan meneruskan aksinya ke Pengadilan Negeri Bojonegoro untuk memasukan atau mengajukan tuntutan pembubaran HTI. Dalam tuntutan kali ini tidak ada tim mediasi lantaran tuntutan pembubaran HTI yang kami ajukan sudah final dan harga mati. Tidak bisa ditawar-tawar,” ujar Musthofa, Ketua Banser Bojonegoro.

HTI menurut Musthofa merupakan Ormas yang harus dibubarkan lantaran tak sesuai dengan prinsip-prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila.

“ Sekarang yang mengajukan pembubaran HTI bukan hanya pemerintah tetapi juga rakyat, jadi Pengadilan harus memperhatikan betul tuntutan rakyat ini, ” tandas Musthofa.

Iapun menyerukan kepada Ormas lain yang ingin bergabung dalam aksi damai tersebut untuk segera menghubungi GP Ansor selaku penggagas aksi.

(Edkun)