oleh

Pemdes Tinumpuk Salurkan BLT Dana Desa

BOJONEGORO, Netpitu.com – Selasa siang (12/5) ragam keceriahan memancar di Balai Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Pasalnya, sebanyak 30 warga desa menerima sendiri Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dananya berasal dari Dana Desa (DD).

Jumlah yang diterima dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 600.000,00 (Enam Ratus Ribu Rupiah) untuk masing-masing penerima. Dan, diberikan selama tiga bulan berturut-turut.

Para penerima BLT-DD ini, adalah yang warga yang tidak menerima PKH, BNPT dan BPNTD.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

“Ini berdasar data penduduk terbaru yang dimiliki Pemdes Tinumpuk,” tutur Kades Sumber, SE kepada Netpitu.com.

Soal data warga, diakui Sumber, SE, sebelumnya telalu dilakukan pencermatan secara teliti. Agar jangan sampai salah data, dan (atau) salah dalam memberikan atau menyalurkan bantuan. Yang akibatnya berujung dapat menimbulkan kisruh sendiri.

Itulah sebabnya, persoalan Administrasi serta Manajemen Pemerintahan Desa, selalu dilakukan kontrol secara langsung olehnya. Kepada seluruh jajaran perangkat desa, ditekankan untuk saling melakukan cross-check bersilang.

Baca Juga :  SKln Dan IOF Pengcab Bojonegoro Berbagi 530 Paket Ramadhan

Sehingga validitas perolehan datanya benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut menimbulkan kenyamanan dan ketenangan pada seluruh warga desa.

Selain pencairan oleh Pemdes Tinumpuk, sekaligus dilakukan pencairan yang sama oleh Pemdes Kaliombo, Pemdes Ngrejeng, Pemdes Pelem dan Pemdes Tlatah.

Acaranya, tentu saja dilakukan bergantian. Dengan posisi duduk seluruh warga saling berjauhan dan mengenakan masker masing-masing.

Baca Juga :  Koperasi Kareb Berikan THR H - 7 Sebelum Lebaran

Kepada seluruh warga Desa Tinumpuk, Sumber, SE berpesan, agar BLT-DD yang diterima dapat diwujudkan guna menopang kehidupan sehari-hari. Selama wabah Covid-19 ini belum terselesaikan.

Warga juga diminta untuk terus mematuhi aturan mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak jika keluar rumah. Sedang kegiatan patroli malam masih berlangsung di setiap jalanan Desa Tinumpuk. Bekerja sama antara pihak Pemdes, Polsek serta Koramil setempat.

(rie)