Produksi Jagung Tuban Tertinggi, Raih Penghargaan Tingkat Nasional

- Team

Kamis, 12 Juli 2018 - 20:05

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Kabupaten Tuban kembali meraih penghargaan di tingkat Nasional, kali ini Kabupaten Tuban berhasil membawa pulang Penghargaan Pencapaian Peningkatan Produksi Jagung tertinggi tingkat Nasional.

Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Sumarjo Gatot Irianto, MS. DAA. Kepada Wakil Bupati Tuban,  Ir. H. Noor Nahar Hussein,  M.Si pada acara Evaluasi Luas Tambah Tanam (LTT) Padi, Jagung, Kedelai Provinsi Jawa Timur, dan Persiapan Penyusunan angka ramalan (Aram) I tahun 2018 di Hotel Aria Gajayana Malang, Kamis (12/07/18).

Penghargaan yang baru pertama kali diberikan oleh Kementan ini adalah Apresiasi yang didasarkan pada evaluasi Upaya Khusus (UPSUS) peningkatan produksi Tahun 2017 di banding tahun 2016 yang terjadi peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai yang signifikan di beberapa daerah di Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji, S.Pi, MM, menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima Kabupaten Tuban ini adalah diukur dari musim tanam pada bulan Oktober 2016 sampai dengan September 2017.

Baca Juga :  Wabup Ajak Masyarakat Kampanyekan Pelestarian Situs Dan Cagar Budaya

Meningkatnya produksi jagung tidak terlepas dari keberhasilan pelaksanaan program peningkatan LTT di Kabupaten Tuban pada tahun 2017, secara nasional dari target  LTT untuk produksi Jagung di Tuban seluas 97.067 Ha dapat terealisasi 119.118 Ha atau 122.7 Persen dengan produksi mencapai 606.163 ton dan produktifitas sebesar 5.4 ton per Ha.

“Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, Kabupaten Tuban berhasil menjadi yang tertinggi di Jatim dimana jatim merupakan tertinggi tingkat nasional dalam peningkatan produksi Jagungnya,” ujar mantan Camat Bancar ini begitu ditemui netpitu.com.

Lebih lanjut Murtadji menuturkan bahwa areal tanam jagung di Tuban tersebar diseluruh kecamatan,  namun ada beberapa kecamatan yang memiliki potensi tanam jagung terbesar diantaranya meliputi Kecamatan Montong dengab luas 16.626 Ha, Kecamatan Kerek seluas 17.079 Ha,  Kecamatan Grabagan seluas 10.584 Ha dan Kecamatan Semanding seluas 10.502 Ha.

Baca Juga :  Wabup Tuban Resmikan Kampung Tangguh di Parengan

Sementara itu Wakil Bupati Tuban mengungkapkan bahwa Peningkatan produksi jagung di Tuban  tak lepas dari upaya intensifikasi pertanian yang ditingkatkan melalui adopsi inovasi teknologi pertanian kepada petani, poktan dan gapoktan yang salah satunya dikembangkan dengan pola tanam tumpang sisip.

Selain itu keberhasilan pembangunan disektor pertanian di Tuban juga karena adanya program Peningkatan infrastruktur dan penyediaan sarana dan prasarana pertanian,  pengembangan Sumber Daya Air pertanian meliputi pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi pertanian, peluasan jaringan irigasi tersier dan kwarter melalui pengadaan Pompanisasi dan pipanisasi, pembangunan embung dan optimalisasi pemanfaatan Sumber Daya air lainnya serta optimalisasi pemanfaatan alat dan mesin pertanian (Alsintan) .

“Dengan produksi jagung yang tinggi tersebut juga dapat menumbuhkan potensi investasi yang dapat dikembangkan dari komoditas jagung antara lain untuk usaha penangkaran ataupun embenihan jagung, industri tepung jagung, industri makanan ringan berbahan dasar jagung, industri pakan ternak dan limbah hasil panen jagung ” jelas Wabup asal Kecamatan Rengel tersebut.

Baca Juga :  Ketua Bhayangkari Bojonegoro Bagikan 100 paket Suplemen dan Masker Untuk Anggota di Posko Covid-19

Oleh karena itu,  Wabup juga memberikan apresiasi kepada Disperta Tuban dan masyarakat khususnya kepada Petani, pelaku utama pembangunan pertanian yang atas kerja kerasnya Produksi Jagung masih dapat terus meninfkat dan bahkan menjadi tertinggi tingkat nasional.

“Pemkab Tuban akan selalu berusaha mewujudkan pembangunan sektor pertanian terutama dalam mendukung program swasembada pangan,” ujarnya.

Penghargaan ini perlu disyukuri dan dijadikan motivasi untuk dapat mempertahankan atau lebih  meningkatkan produksi jagung serta juga komoditi pertanian lainnya karena Kabupaten Tuban memiliki  potensi yang baik di bidang pertanian.

Selain Tuban yang diganjar penghargaan pencapaian peningkatan produks Jagung, ada juga Kabupaten Ngawi yang mendapat penghargaan yang serupa dalam hal peningkatan produksi padi dan terpilih juga Kabupaten Bondowoso dalam produksi kedelai.

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur, Kabid Tanaman Pangan Kabupaten atau kota Se-Jawa Timur serta Kepala Cabang Dinas (KCD) / Mantri Tani Se-Provinsi Jawa Timur.

(gio)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32