Papdesi Tuban 2020 – 2025 Dilantik

- Team

Rabu, 12 Agustus 2020 - 23:29

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Ketua Umum Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Hj. Wagiyati, melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang Papdesi Kabupaten Tuban periode 2020-2025, di Pendapa Kridho Manunggal Tuban, Rabu (12/08/2020).

DPC Papdesi Kabupaten Tuban periode ini, diketuai oleh Kepala Desa (Kades) Sambonggede, Kecamatan Merakurak, Jemy Tristantono. Ia didampingi Sekretaris, Suhadi, yang saat ini menjabat Kades Sumberejo, Kecamatan Rengel.

Tampak hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Tuban, H.M. Miyadi, S.Ag., MM., Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Tuban Joko Sarwono, Kasdim 0811/Tuban Mayor Arh teguh Prasetyo Wasis, Camat dan Kades se-Kabupaten Tuban.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kesempatan ini diberikan pembekalan oleh Dewan Pembina Papdesi Pusat yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, secara daring.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Halal bi halal Dengan Bupati dan Walikota se Jatim

Ganjar Pranowo menjelaskan, perlu dilakukan pendampingan bagi perangkat desa untuk meningkatkan kemampuan tiap Kades maupun Aparatur Perangkat Desa. Serta memperkuat jalan koordinasi lintas sektoral, Pemerintah Daerah maupun dengan tokoh agama dan masyarakat.

“Perangkat desa menjadi garda depan untuk mengatasi sejumlah permasalahan di desa, Anggota Papdesi harus saling menguatkan bertukar pikiran terkait pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan,” kata pria berambut putih itu.

Ganjar menyoroti validitas data di tingkat desa yang sering bermasalah. Menyikapi hal tersebut, perlu dilakukan pendataan secara detail dan diperbarui berkala.

Di samping itu, Kades diharapkan dapat mendorong pemberdayaan masyarakat melalui Bumdes. Juga dapat mengoptimalkan potensi desa yang dimiliki, baik budaya, objek wisata, maupun kuliner.

Baca Juga :  Festival Singkong Hadirkan 100 Varian Masakan Olahan Singkong

Sedangkan Hj. Wargiyati berharap, dapat membawa aspirasi warga desa agar diteruskan ke pemerintah daerah maupun pusat. Papdesi mendukung dan bersinergi dengan Pemda setempat untuk mewujudkan kesejahteraan warga desa.

“Saat ini telah terbentuk 26 Dewan Pimpinan Daerah di seluruh wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Diharapkan Papdesi bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai abdi masyarakat, yaitu memberikan pelayanan masyarakat optimal. Ditekankan bahwa Papdesi merupakan organisasi profesi yang tidak berorientasi pada politik kelompok manapun.

Sementara itu Ketua DPRD Tuban Miyadi menyatakan, keberadaan Papdesi mendukung program pembangunan di Bumi Wali. Dukungan dan sinergitas pemerintah daerah, DPRD serta pemerintah desa akan memaksimalkan pembangunan. Salah satunya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.
“Saat ini DPRD Tuban tengah mengupayakan pengembalian Dana Desa yang sempat ditarik 10 persen untuk penanganan Covid-19 Karenanya, Pemdes perlu berpartisipasi aktif dalam menerapkan protokol kesehatan,” katanya saat ditemui netpitu.com.

Baca Juga :  Usir Wabah Corona Warga Prataan Lakukan Ritual "Uncal Koin"

Ia tambahkan, Pemdes menjadi jembatan antara pemerintah daerah dan DPRD dengan warga. Berbagai program Pemdes dapatnya disinkronkan dengan program pemerintah daerah. Selain itu, diminta untuk terus mengembangkan inovasi masing-masing desa, guna mengoptimalkan pembangunan desa dan meningkatkan kesejahteraan warganya.

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tuban tahun 2020, Miyadi mengingatkan agar Kepala Desa dan Pemdes harus berlaku profesional. Siapapun yang terpilih nantinya adalah rekan kerja untuk menyejahterakan masyarakat.

(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32