oleh

Tanaman Jarak Kepyar Mulai Dikerjasamakan Dengan Petani Hutan

BOJONEGORO. Netpitu.com – Musim kemarau tahun masyarakat petani yang tinggal di kawasan Hutan Desa Kolong, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, memilih menanam jarak kepyar (Castor) dibanding tanaman palawija .

Budidaya tanaman jarak Kepyar dilakukan di lahan Perhutani dengan luas lahan sekitar 2 hektar, di Kawasan BKPH Clangap. Dalam penanaman jarak kepyar ini petani bekerjasama dengan PT.Cahaya Maju Lestari  anak dari Perusahaan PT.Djarum.

Baca Juga :  SKln Dan IOF Pengcab Bojonegoro Berbagi 530 Paket Ramadhan

Menurut Ketua LMDH Tani Lestari Desa Kolong M.Lahir, saat ini masyarakat petani hutan dimusim kemarau ini lebih memilih tanam jarak kepyar dari pada tanam palawija. Seperti jagung ataupun kedelai, alasanya cukup simple. Selain perawatan jarak kepyar yang mudah dan tidak rewel juga tidak banyak membutuhkan banyak air seperti jagung.

Selain itu tanam jarak kepyar ini juga menjanjikan dikarenakan sudah bekerjasama dengan PT. Cahaya Maju Lestari anak dari Perusahaa PT.Djarum. Kerjasama ini yang pertama kali dilakukan di wilayah Ngasem yaitu sistem bayar shering dengan para petani Hutan.

Baca Juga :  KAI Sediakan Layanan Test Covid GeNose di Stasiun Bojonegoro

Tujuan dari  program tanam jarak kepyar ini adalah  menambah pedapatan petani penggarap lahan hutan. Penanaman jarak ini bukan tanaman pengganti tetapi tanaman tambahan.

Tanaman jarak kepyar dianjurkan untuk ditanam di lahan yang tidak produktif sehingga dapat menambah pendapatan para petani ujarnya.

(dan)