oleh

Anna – Wawan : Nomor 3 Angka Keberkahan, Salam Metal Tiga Jari

BOJONEGORO. Netpitu.com – Pasangan cakon Bupati dan Wakil Bupati, Anna Muawanah dan Budi Irawanto, yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mengatakan kegembiraan dan kebahagiaannya ketika mendapat nomor urut 3 (Tiga) dalam pengambilan nomor undian peserta Pilkada Bojonegoro, di Kantor KPU Bojonegoro, Selasa (13/2).

“Semalaman kami jagong dengan tim membahas nomor urut Paslon. Nomor 3 merupakan nomor keberkahan dari perjuangan dan doa yang selama ini kami lakukan,” ujar Anna dalam pidato kampanye pertamanya di Kantor KPU.

“Kami ingin dapat nomor 3, Alhamdhulillah Allah telah mengabulkan harapan kami dengan memberikan nomor urut 3,” ujar Anna lebih lanjut.

Dalam kepercayaan Jawa angka 3 metupakan angka keramat, angka yang dianggap dekat dengan sang pencipta. Tak mengherankan jika dalam setiap doa, agar dikabulkan Allah seslalu diucapkan berulang-ulang  sebanyak tiga kali.

Angka tiga dalam dunia perpolitikan nasional juga dianggap simbol nasionalisme modern, yang dikenal dengan istilah salam “metal tiga jari”. Istilah tersebut kerap digunakan untuk mempopulerkan identitas politik kaum nasionalis. PDIP menyebutnya sebagai salam metal.

Di akhir pidatonya Anna mengutip slogan pasangan Soehadi Moeljono- Mitroatin yang mengusung jargon “Tangguh Bersinergi”, Mafudoh-Kuswiyanto dengan “Jos Matoh” dan Basuki-Pujidewanto dengan “Bojknegoro Asli”.

Menurut Anna, semuanya itu menjadi percuma jika menjadi pemimpin tidak bisa “Ngayomi lan Ngopeni”.

(dan)