Undang 14 LMDH Dinas Kehutanan Jatim dan Perhutani Sosialisasikan Rencana Kerja Usaha

- Team

Jumat, 13 Maret 2020 - 09:42

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TUBAN. Netpitu.com – Dinas Kehutanan Provinsi melalui Cabang Dinas Kehutanan Wilayah (CDK) Bojonegoro bersama Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, Parengan dan Jatirogo mengadakan rapat pembinaan kelompok Perhutanan Sosial dan sosialisasi penyusunan Rencana Kerja Usaha (RKU) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) bagi pemegang ijin Perhutanan Sosial di ruang pertemuan kantor Perhutani KPH Tuban, Rabu, (11/03/2020).

Sebanyak 14 LMDH se-Kabupaten Tuban, jajaran CDK, KSS kompers dan perwakilan Asisten Perhutani (Asper) dari tiga KPH, juga diundang hadir. Dalam acara tersebut juga hadir dari Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, Balai PSKL Jabalnusra, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban. Tampak pula kelompok kerja Perhutanan Sosial Tuban terkait hadir di aula gedung rapat KPH Tuban, Jalan Gajah Mada, 12 A.

Baca Juga :  Lawan Corona, Polisi Gencar Sosialisasikan Tinggal Dirumah dan Jaga Jarak

“Mereka hadir di acara tersebut selain rapat pembinaan serta sosialisasi yang pada dasarnya adalah guna mengikuti sosialisasi program Perhutanan Sosial yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,” kata Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Bojonegoro, Purnomo P. Nugroho kala ditemui netpitu.com usai memberi sambutan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Bojonegoro, Purnomo P. Nugroho, S. Hut, M.M, Administratur/KKPH Tuban, Ir. Tulus Budyadi, M.M, Administratur /KKPH Jatirogo, Panca P. M. Sihite, S. Hut, M.Sc, Administratur/KKPH Parengan, Badarudin Amin, S.Hut dan Pendamping Perhutanan Sosial meliputi metoda penyusunan RKU dan RKT serta mekanisme pembentukan Kelompok Usaha Bersama. Kegiatan tersebut diikuti oleh segenap Lembaga Masyarakat Desa Hutan pemegang ijin Perhutanan Sosial skema Kulin KK baik sudah terbit ijinnya maupun yang dalam proses penerbitan.

Baca Juga :  200 Kader Kesehatan se Kabupaten Tuban Ikuti Jambore Posyandu

“Yang kita bahas lakukan dalam pengelolaan hutan disini pihak yang sudah mendapat ijin dari pusat diharapkan pengelolaan hutan secara lestari harus dikedepankan serta disesuaikan RPKH yang sudah ada atau diterbitkan,” ungkap Purnomo P. Nugroho.

Sementara itu Administratur KPH Tuban Tulus Budyadi menyambut baik kegiatan tersebut dan mengharapkan peran LMDH dapat sesuai dan sejalan dengan rencana penggelolaan yang ada di Perhutani.

Baca Juga :  Pemprov Jatim Launching 5 Pilot Project Unggulan Pelayanan Publik

“Para pemegang ijin PS agar berkaloborasi dengan Asisten Perhutani di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan setempat sehingga pengembangan potensi petak pangkuannya nanti dapat serasi dengan Rencana Pengelolaan Kelestarian Hutan (RPKH) maupun Rencana Tehnik Tahunan (RTT) yang sudah ada,”ujarnya.

Menurutnya program ini dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat desa hutan yang akan berimbas baik pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“Saya himbau agar LMDH-LMDH yang hadir agar dapat mengambil peran dalam pelaksanaan Perhutanan Sosial di wilayahnya”,” ujar Tulus melanjutkan.
(met)

Berita Terkait

Komunitas IRL Jatim Bagikan Takjil di Bojonegoro
Ribuan Warga Karangpacar Ikuti Giat Jalan Santai Kampung Moderasi Beragama
Kadal Ireng Tour Healing Of Java
Peringati HJD ke 117 Tahun Desa Pacing Gelar Seni Tayub
Coldova Rock Band Goncang Lapangan Meliwis Putih
Kemeriahan Pesta Rakyat di RW 01 Kel. Ngrowo
Menjaga Kekompakan Brimob Olah Raga Bareng Kodim
Polres Bojonegoro Gelar Ngopi Bareng Dengan Media

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32