oleh

Jokowi : Islam Indonesia Itu Rahmatan Lil Alamin

Netizensatu.com – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana dan sejumlah menteri menghadiri Haul Al-Marhumin di Pondok Pesantren Buntet, Kamis (13/4). .

Di hadapan para santri, Presiden mengajak ulama di Indonesia dapat saling beriringan menjaga persatuan dan kesatuan demi membangun negara yang makmur dan sejahtera.

Untuk mewujudkan itu, pondok pesantren punya peran strategis. Pondok pesantren bukan hanya pusat pendidikan tetapi juga sebagai pusat kebajikan untuk menunjukkan Islam yang Rahmatan lil Alamin.

“Islam Indonesia ini Islam yang Rahmatan lil Alamin, bukan yang lainnya. Yang sangat menghargai, yang sangat menghormati perbedaan-perbedaan yang ada di kita,” kata Jokowi.

Sambutan masyarakat cukup meriah ketika rombongan kepala negara melewati jalan Mertapada ke arah pesantren yang diramaikan dengan anak-anak sekolah mengibarkan bendera.

Santri dan masyarakat yang hadir di Pondok Buntet Pesantren juga tidak kalah ramai dengan tepuk tangan usai melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersama-sama.

Pesantren yang didirikan oleh Mufti Keraton Cirebon KH Muqoyyim bin Abdul Hadi atau terkenal sebagai Mbah Muqoyyim, pada abad ke 18 Masehi itu memiliki sekitar 6.000 santri.

( Red/* )