oleh

Lamongan Gelar Seni Budaya di TMII

LAMONGAN. Netpitu.com – Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur Adakan Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Lamongan di TMII Jakarta, – Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan Mifta Alamudin kepada awak media menuturkan, “Lamongan mendapatkan kesempatan mempromosikan agenda tahunan pagelaran seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta.

“Ini agenda tahunan yang difasilitasi Badan Penghubung Daerah Pemprov Jatim untuk menampilkan karya seni budaya dan produk unggulan se-Jatim di tingkat nasional. Untuk seni budaya agendanya tanggal 13 Juni 2021 sedangkan produk unggulan tanggal 12-13 Juni 2021,” ujar Mifta Alamudin,

Baca Juga :  PPKM Diperpanjang Hingga 25 Juli

Udin sapaan akrab Mifta Alamudin mengungkapkan, pagelaran seni budaya yang dipromosikan Kabupaten Lamongan itu pertunjukan yang menggabungkan antara seni tari dan drama Prahara Kali Lamong.

“Semua acara memang yang menyetting dari pihak penyelenggara (TMII). Jadi tiap tahun semua daerah menampilkan sendratari atau drama tari hanya kemasan atau ceritanya yg berbeda tiap tahunnya. Lamongan menampikan cerita Prahara Kali Lamong,” katanya.

Cerita Prahara Kali Lamong, jelas Udin, itu menampilkan cerita tentang Panji Laras Liris khususnya saat proses lamaran dengan Putri Kediri Andanwangi dan Andansari.

Baca Juga :  Suporter Persibo Unjuk Rasa Tolak Intervensi Bupati Dalam Pemilihan Management Baru Persibo

“Bukannya berlanjut ke proses pernikahan tapi malah berujung peperangan di perbatasan Lamongan (kali lamong),” akunya.

Pada 2 tahun yang lalu pada event yang sama dengan paket khusus, Udin menambahkan, Lamongan juga mempromosikan seni budaya Lamongan ke level nasional dan internasional. “Dalam acara tersebut duta negara sahabat juga turut hadir,” ucapnya

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan Mokhammad Zamroni ketika di konfirmasi wartawan menyampaikan, produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jatim TMII Jakarta kerajinan batik, produk makanan khas Lamongan, craft, souvenir, jajanan dan merchandise.

Baca Juga :  IKA'80 SMPN 1 Kembali Salurkan Bantuan Makanan Untuk Pasien Covid Isoman. Warga Lain Yang Mau Boleh Titip Makanan

“Yang jelas mempromosikan kerajinan craf, batik sendang, tenun ikat, batik parengan dan beberapa olahan makanan,” ungkap Mokhammad Zamroni Mantan Humas menjelaskan produk unggulan yang dipromosikan di Anjungan Jawa Timur TMII Jakartabersama dengan seni budaya Kabupaten Lamongan.
Adapun undangan sekitar 250 orang bersama Paguyuban Perantauan Asal Lamongan ( PUALAM) acara tersebut akan diadakan,” ujarnya.

(Yon/* )