oleh

Tiga Kecamatan di Bojonegoro Tak Dapat Jalinmatra

BOJONEGORO. Netpitu.com – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Pemerintah Propinsi Jatim mengeluarkan Program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK). Program ini menitikberatkan terhadap Kepala Rumah Tangga Perempuan.

Program Jalin Matra PFK ini telah disalurkan oleh Pemerintah Propinsi Jatim sejak tahun 2014 yang lalu. Pada tahun ini Program Jalin Matra PFK tersebut adalah Program yang terakhir yang disalurkan oleh Pemerintah Propinsi Jatim.

Mujib selaku koordinator Program Jalin Matra mengatakan, untuk Kabupaten Bojonegoro yang mendapatkan bantuan Program Jalin Matra PFK sebanyak 79 Desa dengan jumlah KRTP sebanyak 1.235 KRTP, jumlah tersebut terus menurun sejak tahun 2014 yang lalu.

“Setiap KRTP akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,5 Juta dengan rincian sebagai berikut, Rp 250 ribu untuk kebutuhan mendasar, sedangkan selebihnya untuk dibelikan peralatan yang dibutuhkan dalam berusaha kedepannya”, jelas Pendamping Jalin Matra PFK.

Mujib menambahkan, bantuan Jalin Matra PFK tersebut bisa ditarik atau dipindahkan kepada penerima lain apabila KRTP sudah menikah, meninggal dunia dan tingkat kesejahteraan KRTP meningkat yang dibuktikan dengan musyawarah serta KRTP sudah pindah.

“Untuk Kabupaten Bojonegoro ada tiga Kecamatan yang tidak mendapatkan Program Jalin Matra PFK tahun ini, yaitu Kecamatan Bojonegoro, Kecamatan Trucuk dan Kecamatan Kapas hal tersebut berdasarkan data KRTP di tiga Kecamatan tersebut yang perekonomiannya meningkat”, terang Mujib.

(pur)