Buka Musrenbang Online Bupati Tuban Tetap Ingatkan Dampak Covid-19

- Team

Selasa, 14 April 2020 - 17:45

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wabup, H. Noor Nahar Husein, buka Musrenbang kabupaten dengan video conference, Selasa, (14/04/2020).

Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wabup, H. Noor Nahar Husein, buka Musrenbang kabupaten dengan video conference, Selasa, (14/04/2020).

TUBAN. Netpitu.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten tahun 2020, untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, dibuka oleh Bupati H. Fathul Huda, Selasa (14/04/20) dari Ruang Rapat RH. Ronggolawe Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban.

Acara itu yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Kapolres Tuban, Komandan Kodim 0811 Tuban, Sekretaris Daerah, dan Perwakilan Kepala OPD, Camat, Perguruan Tinggi, BUMN dan Tokoh Masyarakat.

Berbeda dengan Musrenbang tahun-tahun sebelumnya, sebagai kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Covid-19, Musrenbang tahun ini diselenggarakan secara daring melalui Video Converence, sehingga peserta musrenbang yang lain dapat mengikuti jalannya kegiatan ini dari tempat atau Kantor masing-masing. Kegiatan ini juga bisa dipantau secara langsung oleh masyarakat karena disiarkan secara langsung di Channel Youtube Diskominfo Tuban.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, Musrenbang menjadi salah satu tahapan penting dan strategis bagi keberlanjutan pembangunan.

Baca Juga :  Amankan Natal dan Tahun Baru Polres Bojonegoro Gelar Operasi Lilin Semeru 2017

Adapun Tema Pembangunan Tahun 2021 yaitu Meningkatkan Industri, Pariwisata dan Investasi untuk Mengurangi Kemiskinan Masyarakat Melalui Peningkatan Kapasitas SDM dan Infrastruktur.

“Fokus pencapaian tahun 2021 menjadi sangat penting dalam upaya menggapai visi dan misi Kabupaten Tuban, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Tuban yang lebih religius, bersih, maju dan sejahtera,” paparnya.

Menghadapi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menurut Bupati akan mempengaruhi capaian pembangunan Kabupaten Tuban Tahun 2020, yang diproyeksikan dampaknya juga akan masih dirasakan di tahun 2021, khususnya terhadap kesejahteraan masyarakat,

“Hal inilah yang harus kita fikirkan bersama, sehingga dalam proses penyusunan dokumen RKPD Tahun 2021 harus dilakukan dengan cermat,” ujarnya.

Bupati menekankan proses penyusunan rencana pembangunan pada prinsip dasar ‘Money Follow Program Prioritas’ dengan nilai tambah pada efisiensi belanja rutin pembangunan untuk difokuskan pada peningkatan porsi belanja publik.

Baca Juga :  Inilah Keterbukaan Informasi Publik Ala Desa Pejambon

“Termasuk salah satunya untuk penanganan dampak Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Namun, masih menurut Bupati, walaupun ditengah pandemi saat ini, Pemkab Tuban tetap menentukan target tujuan dan sasaran yang akan dicapai di tahun 2021 diantaranya adalah Nilai AKIP dengan target capaian A(85); Nilai IKM Pelayanan Publik dengan target Baik (89,5); Indeks Gini Ratio dengan target angka 0,21.

Selain itu juga ada target-target yang nantinya menyesuaikan skenario Pemerintah Pusat seiring pandemi Covid-19 diantaranya Angka PDRB perkapita, PDRB Sektor, Indeks Pembangunan Manusia dan tingkat Pengangguran.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si menjelaskan bahwa rencana pembangunan tahun 2021 yang di brackdown dari RPJMD Kabupaten Tuban 2016-2021 harus bisa menyesuaikan keadaan yang terjadi saat ini.

Menghadapi efek Pandemi Covid-19, diharapkan adanya penguatan untuk Recovery dampaknya.

“Harus ada pendataan terbaru untuk mengetahui data yang valid terhadap masyarakat yang terdampak langsung sehingga bisa didapatkan kebijakan dan penanganan yang tepat,” ujarnya,

Baca Juga :  Ujian Perangkat Desa Polres Lakukan Pengamanan Khusus

Pandemi Covid-19 juga sangat berdampak pada UMKM dan juga pekerja informal yang mendapatkan PHK dari Perusahaan, hal ini mengakibatkan permintaan kartu Prakerja yang di keluarkan pemerintah pusat meningkat drastis.

Oleh karena itu Dinas terkait diharapkan segera melakukan Assement terhadap para pencari kerja ini, sehingga yang mendapatkan Kartu Prakerja adalah sesuai dengan yang harapkan, terutama yang terdampak langsung Covid-19 ini.

“Semua OPD yang terkait langsung ataupun tidak dengan penanganan Pandemi Covid-19, harus membuat rencana yang tepat dan menyesuaikan sasaran kegiatan untuk penanganan pandemi sampai dengan proses Recovery nanti,”tegas Wabup Dua periode ini.

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan Video Converence dengan Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Jawa Timur dan beberapa Kabupaten/Kota diantaranya Kabupaten Tulungagung, Blitar, Sampang, Ponorogo, Bangkalan, Lumajang dan Kota Blitar.

(met)

Berita Terkait

LHP BPK Kab. Bojonegoro Sudah Diserahkan Ke Ketua DPRD Tapi Tak Dibagikan Pada Anggota
16 Lowongan Parades Di Sukosewu, Jangan Lempar Bola Panas Ke Kecamatan
Hoax Kabar Penghentian Hibah BKD Dari KPK
Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Kementerian PAN RB Lakukan Rakor Online
Miris, Masih Ada Jalan Poros Desa Berlumpur di Bojonegoro
PDIP : Pemkab Harus Berikan Solusi Soal Kelambatan Pencairan ADD
Duh, 53 Desa Di Bojonegoro Belum Mengajukan Pencairan ADD., Ada Apa ?
Duh… Belum Terima Gaji Bulan Maret, ASN Dinas Sosial Bingung Cari Talangan

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 18:57

Polres Tuban Bakal Panggil Anna Mu’awanah Terkait Dugaan Laporan Palsu Ke Polisi

Kamis, 13 Juni 2024 - 02:53

Job Fair SMKN 1 Bojonegoro Sukses Jaring 1.217 Orang Pelamar Kerja

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:03

Job And Edu Fair SMKN 1 Diserbu Peminat Kerja Bojonegoro

Senin, 10 Juni 2024 - 13:16

Diikuti 44 Didu dan PT, SMKN 1 Bojonegoro Mulai 11 – 13 Juni Gelar Job Fair Untuk Umum

Selasa, 26 Maret 2024 - 11:09

Kemenag Bojonegoro Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Berjalan Normal

Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:00

Kadal Ireng Bagikan 350 Takjil ke Masyarakat

Sabtu, 9 Maret 2024 - 21:31

Rayakan Annyversary ke 75, Persibo Dapat Hadiah Armada Bus Dari Sedulur Pitu

Jumat, 19 Januari 2024 - 11:25

Pengajuan Penetapan Nama Pada Ijazah Muk’awanah Tak Penuhi Norma Hukum Administrasi Kependudukan : Pengadilan Harusnya Menolak

Berita Terbaru

PILKADA 2024

Pilkada Bojonegoro : Memilih Pemimpin Atau Penguasa ( 1 )

Kamis, 20 Jun 2024 - 12:32