oleh

IKAPTK Tuban Serahkan Bantuan APD ke Pemkab

TUBAN. Netpitu.com – Penanganan Covid-19 memerlukan dukungan dari semua lapisan masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Tuban menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tuban, Selasa (14/04/2020).

Bertempat di Kantor Pemkab Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tuban menerima bantuan 100 paket APD yang diserahkan IKAPTK kabupaten Tuban.

Tampak hadir pada kegiatan ini, Asisten Administrasi Umum dan Asisten Pemerintahan Sekda Tuban; Kepala Diskoperindag; dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Tuban.

Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian dari IKAPTK Tuban.

Bantuan APD ini sangat membantu upaya Pemkab Tuban dalam penanganan Covid-19. Mengingat ketersediaan APD menjadi salah peralatan penting utamanya bagi tenaga medis untuk menangani Covid-19.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban juga telah melakukan perhitungan terkait ketersediaan APD untuk penanganan Covid-19.

“Kami sudah melakukan alokasi, untuk 3 bulan ke depan kebutuhan APD di Kabupaten Tuban CUKUP,” terangnya kepada netpitu.com

Meski demikian, Pemkab Tuban tetap mengantisipasi adanya penambahan sesuai dengan perkembangan Covid-19.

Bantuan APD dari stakeholder akan menambah ketersediaan APD di Gugus Tugas. Langkah ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan dan melindungi tenaga medis maupun SDM lain yang melakukan kontak langsung.

“Selanjutnya, proses distribusi APD sepenuhnya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Sekda Budi Wiyana juga mendorong stakeholder lain untuk mendukung upaya Pemkab Tuban dalam menangani Covid-19 di Bumi Wali. Beberapa upaya yang dapat dilakukan dengan mematuhi anjuran pemkab Tuban dan ikut mengedukasi terkait pencegahan Covid-19.

Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban selaku perwakilan IKAPTK Tuban, Drs. Achmad Amin Sutoyo menyebutkan penyerahan bantuan APD sebagai wujud kepedulian anggota IKAPTK dalam pencegahan dan penanganan Covid19 di kabupaten Tuban. Pada tahap pertama diserahkan 100 paket APD.

“Rencananya akan diserahkan 300 paket APD,” ujarnya.

Paket APD yang diserahkan terdiri dari pelindung wajah (faceshield) dan pakaian APD.

Bantuan ini juga sebagai wujud partisipasi dan dukungan kepada tenaga medis sebagai garda depan penanganan Covid-19.

(met)