oleh

Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemenag Pacu Peningkatan Mutu Madrasah

BOJONEGORO. Netpitu.com – Rendahnya pencapaian hasil nilai Ujian Nasional baik Sekolah umum maupun Madrasah yang masih dibawah standar 5,5, mendorong Kementerian Agama kabupaten Bojonegoro bekerja keras membenahi kualitas pendidikan di Madrasah.

Dikatakan Drs. Asyik Syamsul Huda, Kasie Pendidikan Madrasah, Kemenag Bojonegoro, terobosan untuk meningkatkan mutu madrasah dilakukan dengan memberikan Pelatihan Pengembangan Profesi Pengawas Madrasah.

Menurutnya hasil dari Penilai Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang diujicobakan pada 10 madrasah pada setiap Kecamatan tersebut sangat luar biasa. Mulai dari Penataan administrasi, sistem kurikulum, penataan managemen umum, kewirausahaan dan mindset guru, mengalami perbaikan signifikan.

“Ahamdulillah madrasah yang divisitasi menyatakan kepuasannya terhadap hasil yang diperolehnya,” ujar Asyik, di kantor Kemenag Bojoneoro, Jum’at (13/7).

Selanjutnya untuk memeratakan mutu pendidikan madrasah di Bojonegoro, pada Kamis (12/7) sekitar 250 kepala madrasah telah diberikan sosialisasi dan Bimtek Program Pengembangan Profesi Berkelanjutan bagi Kepala Madrasah, yang diselenggarakan secara mandiri oleh pihak sekolah.

Menurut Asyik, 95 persen lembaga madrasah yang ada di Bojonegoro berstatus swasta, dengan latar belakang kepala madrasah yang berbeda- beda. Sehingga perlu adanya bimbingan teknis dan pelatihan Program Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PPKB) dengan harapan mampu mendorong peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

Dalam tahun ajaran baru 2018 nanti ia berharap semua madrasah sudah menerapkan Program Pengembangan Profesi Berkelanjutan yang diterimanya dari kegiatan Bimtek. Sehingga target hasil pembelajaran bisa tercapai dengan nilai maksimal.

“Setidaknya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tandas Asyik, lebih lanjut.

(ad)