oleh

Suguhkan Tari Thengul dan Sego Buwohan Bojonegoro Demi Rekor MURI

BOJONEGORO. Netpitu.com – Sebanyak 2.019 penari Thengul yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro hari Minggu (14/7/2019) berhasil pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ribuan penari Thengul tersebut sekaligus membuka rangkaian Thengul International Folklore Festival (TIFF) selama lima hari ke depan.

Ribuan penari tersebut berasal dari siswi mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), baik sekolahan negeri maupun swasta di Kabupaten Bojonegoro.

Ini merupakan Event yang sekaligus pemecahan rekor MURI Tahun 2019 ini dan mampu menyedot ribuan penonton yang berasal dari Kabupaten Bojonegoro dan luar Kabupaten Bojonegoro serta puluhan pedagang kaki lima.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu√°wanah mengatakan bahwa pemecahan rekor Muri oleh 2.019 penari Thengul ini merupakan persembahan dari warga Bojonegoro untuk Jawa Timur dan Indonesia.

“Ini persembahan warga Kabupaten Bojonegoro untuk pelestarian kesenian yang berasal dari lokal Kabupaten Bojonegoro yang disebut dengan Tari Thengul”, kata Bupati Bojonegoro.

Masih menurut Bupati Bojonegoro, ini merupakan event untuk nguri nguri budaya asli warga Kabupaten Bojonegoro. Bahkan Tari Thengul rencananya akan ditampilkan di Istana pada 17 Agustus mendatang.

Selain ada pemecahan rekor Muri oleh 2.019 penari Thengul, juga ada pembagian 26.100 Sego Buwohan kepada masyarakat. Sego Buwohan tersebut merupakan makanan asli Kabupaten Bojonegoro, Sego Buwohan sering sering kita jumpai pada acara hajatan masyarakat di Kabupaten Bojonegoro.

(pur)