oleh

IKM dan UKM Gandeng Google Pasarkan Product Secara Digital

BOJONEGORO. Netpitu.com – Dalam upaya meningkatkan kapasitas Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Bojonegoro dalam bidang promosi dan pemasaran secara digital, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro dengan tim Inovatif dan Kreatif Kolaborasi Nusantara (IKKON) Bojonegoro bekerjasama dengan Google Indonesia menggelar Workshop “Business Development with Digital Marketing”  di Gedung UPT. Pusat Pengembangan Industri Kreatif Bojonegoro, kamis (14/9).

Workshop yang dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Agus Supriyanto, SH, M.Si ini, dihadiri oleh IKM, UKM dan Pelaku Industri Kreatif di Kabupaten Bojonegoro, serta Siswa SMA/SMK  dan Mahasiswa se Kabupaten Bojonegoro. Dalam kegiatan ini, para pelaku industri kreatif juga memamerkan produknya masing-masing.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja , Agus Supriyanto, SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pelaku industri kreatif, agar usaha yang dimiliki bisa lebih berkembang dengan cara pemasaran secara digital. Namun masalahnya tidak semua pelaku industri kreatif bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, oleh karena itu Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Bojonegoro bekerja sama dengan IKKON Bojonegoro dan Google Indonesia akan menyampaikan cara memanfaatkan teknologi dengan baik dan efektif untuk mengembangkan usaha dan industri kreatif.

Suci perwakilan dari IKKON Bojonegoro menyampaikan ekonomi kreatif Bojonegoro bisa lebih berkembang, apabila IKM dan UKM memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia digital. Sehingga produk-produk yang dimiliki nantinya bisa dipasarkan seluas-luasnya lewat media sosial maupun teknologi digital lainnya tanpa bingung memikirkan tempat berjualan bagi pelaku industri kreatif yang belum memiliki toko/warung untuk memasarkan produknya.

“Harapan dari Google Indonesia, nantinya semua orang bisa paham digital dan bagaimana penggunaan digital secara efektif. Karena sekarang penjualan apapun memakai teknologi digital. Jadi sangat disayangkan apabila teknologi dan kesempatan yang sudah tersedia ini dilewatkan begitu saya. Selain itu manfaat dari pemasaran produk secara digital, yakni meningkatkan pendapatan dan penjualan, memperoleh pelanggan baru, dan meningkatkan hubungan pelanggan.” Kata Arif, Perwakilan dari Google Indonesia.

( Dan ).